Instagram Music Sudah Bisa di Indonesia

Kompas.com - 23/06/2021, 07:47 WIB
ilustrasi Instagram user CNETilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Setelah penantian yang cukup panjang, Instagram akhirnya resmi merilis fitur stiker musik Instagram Stories ke Tanah Air.

Pantauan KompasTekno, fitur yang juga dikenal dengan nama Instagram Music ini sudah tersedia dan sudah bisa digunakan oleh sejumlah pengguna asal Indonesia pada Rabu (23/6/2021) pagi.

Instagram Music sendiri merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyelipkan potongan lagu dalam sebuah posting video Stories.

Baca juga: Spotify Premium Vs YouTube Music, Siapa yang Lebih Menarik?

Untuk bisa mendengarkan Instagram Music, pengguna hanya perlu mengetuk Stories yang sedang ditayangkan. Fitur ini dapat dijumpai pada menu Sticker yang terdapat pada Stories.

Fitur Instagram Music sejatinya telah dirilis sejak pertengahan tahun 2018 lalu. Namun, peluncuran fitur ini sempat dibatasi di sejumlah negara.

Instagram MusicInstagram Instagram Music

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut pihak Instagram Indonesia, salah satu satu hambatannya ada di perkara lisensi. Sebelumnya, Instagram masih belum mendapatkan lisensi musik Indonesia.

Alhasil, pihak Instagram harus mengurus izin lisensi untuk memastikan semua musik yang masuk ke Indonesia telah legal.

Sebelum tersedia di Indonesia, pengguna dapat menonton Stories yang mengandung fitur Instagram Music. Meski demikian, pengguna tidak dapat mendengarkan musik yang sedang diputar.

Baca juga: Geser Google Play Music, YouTube Music Jadi Pemutar Lagu di Android

Pada posting tersebut, akan muncuk indikator teks "Instagram Music is not available in your region". Indikator ini menandakan bahwa Instagram Music masih belum tersedia di Indonesia.

Sebelum resmi masuk ke Indonesia, salah satu cara yang harus dilakukan pengguna untuk bisa mendengarkan Instagram Music adalah dengan mengaktifkan Virtual Private Network (VPN).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X