Begini Cara Mencegah Masalah "Google Terus Berhenti" di Android

Kompas.com - 23/06/2021, 15:07 WIB
Ilustrasi error Google terus berhenti atau Google keeps stopping yang muncul di perangkat Android KOMPAS.com/ OIK YUSUFIlustrasi error Google terus berhenti atau Google keeps stopping yang muncul di perangkat Android
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Hingga Rabu (23/6/2021) pagi, pengguna ponsel Android masih mengeluhkan kendala di ponselnya, yang menampilkan peringatan Google Terus Berhenti atau Google Keeps Stopping.

Kendala ini tak hanya dirasakan oleh pengguna ponsel Android di Indonesia saja, melainkan juga di beberapa negara di dunia, seperti pantauan KompasTekno dari linimasa Twitter.

Namun demikian, masih ada pula pengguna yang "terbebas" dari masalah ini, dan belum mengalaminya. Agar tidak mengalami Google Keep Stopping atau Google Terus Berhenti, apa yang perlu dilakukan?

Baca juga: Rabu Pagi, Pengguna Android Masih Keluhkan Google Terus Berhenti

Masalah Google Keep Stopping atau Google Terus Berhenti disinyalir berasal dari pembaruan (update) terkini aplikasi Google yang menimbulkan error.

Karena itu, untuk mencegahnya, pengguna yang belum mengalami Google Keep Stopping atau Google Terus Berhenti disarankan untuk tidak melakukan update layanan Google App di ponsel Android mereka.

Hal ini bisa dilakukan dengan menon-aktifkan fitur auto-update atau update otomatis aplikasi Google lewat Play Store. Caranya adalah sebagai berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Buka Play Store dan cari "Google" di kolom pencarian
  • Di halaman Google, ketuk menu tiga titik di pojok kanan atas
  • Hapus tanda centang di pilihan "Enable auto-update"

Menon-aktifkan Auto update aplikasi Google di Play StorePlay Store Menon-aktifkan Auto update aplikasi Google di Play Store
Jika diinginkan, pengguna juga bisa mematikan auto-update untuk semua aplikasi melalui Play Store. Caranya bagi pengguna Android 11 adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Play Store Google Play.
  • Di kanan atas, tap ikon profil.
  • Ketuk Pengaturan > Preferensi Jaringan > Preferensi download aplikasi > lalu pilih Selalu Tanyakan

Sementara bagi pengguna Android lawas, dengan aplikasi Google Play yang lama, bisa dilakukan dengan:

  • Buka Google Play Store di ponsel Android Anda.
  • Ketuk ikon menu tiga baris di sudut kiri atas.
  • Gulir ke bawah dan ketuk "Settings".
  • Gulir ke bawah dan ketuk "Auto update apps".
  • Pilih "Don't auto update apps".

Kalau perangkat sudah terlanjur mengunduh update yang bermasalah, solusi sementara untuk memperbaiki masalah "Google terus berhenti" ini adalah dengan menghapus pembaruan dari aplikasi Google.

Baca juga: Marak Google Terus Berhenti di Android, Begini Cara Mengatasinya

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X