Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak "Google Terus Berhenti" di Android, Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 22/06/2021, 14:44 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna Android hari ini, Selasa (22/6/2021) mendapati ponselnya terus menerus menampilkan pop-up notifikasi error berbunyi "Google terus berhenti" atau "Google Keeps Stopping" dalam setelan Bahasa Inggris.

Pop-up tersebut tetap muncul tanpa henti meskipun aplikasi Google sudah dihentikan paksa. Selain itu, sejumlah layanan Google, seperti Search dan Gmail turut dikeluhkan tidak dapat berfungsi.

Notifikasi serupa juga bermunculan di perangkat Android di luar Indonesia, alias berlangsung secara global. Masalah disinyalir berasal dari pembaruan terkini aplikasi Google yang menimbulkan error.

Update, 24 Juni: Google Akhirnya Rilis Perbaikan Error Google Terus Berhenti di Android

Berdasarkan pantauan KompasTekno di Twitter, kata kunci "Google" masih memuncaki trending topic Twitter di Indonesia hingga pukul 14:05 WIB.

Pihak Google, melalui akun Twitter perusahaan, membenarkan bahwa layanannya memang sedang mengalami gangguan, tetapi penyebabnya belum diterangkan. Google menyarankan soft reboot dengan menahan tombol power 30 detik.


"Hi Maciej, maaf Anda mengalami masalah dengan perangkat. Penting bagi kami untuk menyelesaikan masalah ini," kicau @madebygoogle menanggapi keluhan seorang pengguna Android.

Baca juga: Begini Cara Mencegah Masalah Google Terus Berhenti di Android

Cara memperbaiki Google terus berhenti dan Google keeps stopping di Android

Untuk memperbaiki masalah "Google terus berhenti", pengguna Android di Indonesia menyarankan agar menghapus pembaruan dari aplikasi Google. Cara ini disebut ampuh menghentikan pop-up itu sehingga tak lagi muncul.

"Aku dapat cara ini dari orang dan berhasil," aku pengguna Twitter dengan handle @kayliliput yang memiliki perangkat Xiaomi Redmi 9A.

Langkah-langkahnya:

  1. Buka menu setting ponsel kemudian buka bagian pengelolaan aplikasi.
  2. Cari dan buka aplikasi Google dari daftar yang muncul.
  3. Lalu, klik menu berlambang tiga titik di pojok kanan atas dan pilih "Hapus instalan pembaruan".
  4. Klik "Ok" di prompt yang muncul.

Ilustrasi penghapusan update di aplikasi Google untuk menghentikan masalah error Google terus berhenti atau Google keeps stopping yang terus munculKOMPAS.com/ OIK YUSUF Ilustrasi penghapusan update di aplikasi Google untuk menghentikan masalah error Google terus berhenti atau Google keeps stopping yang terus muncul
Berdasarkan pengalaman KompasTekno dengan perangkat yang mengalami masalah serupa, cara di atas efektif menghentikan pop-up "Google terus berhenti". Namun, ini mungkin hanya solusi sementara.

Baca juga: Ingin Tahu TV Anda Sudah Digital atau Belum? Begini Cara Mengeceknya

Perbaikan sepenuhnya boleh jadi harus menunggu Google menyalurkan update lain untuk menambal bug, seperti dalam kasus error Android WebView beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Ubah Huruf di WhatsApp Jadi Miring, Tebal, dan Dicoret

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com