Instagram Reels Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Kompas.com - 23/06/2021, 10:21 WIB
Instagram Reels techcrunch.comInstagram Reels
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan secara global pada November 2019 lalu, fitur perekaman video pendek mirip TikTok dari Instagram, Reels, sekarang sudah mulai hadir di Indonesia dan bisa dijajal.

Pagi ini, Rabu (23/6/2021), bersama dengan Instagram Music, KompasTekno mendapati tombol Reels yang muncul di sisi bawah layar, berdampingan dengan fitur "Post", "Story", dan "Live". Letaknya berada di antara ikon "Search" dan "Shop".

Ketika meng-klik ikon Reels, pengguna akan menjumpai konten video pendek yang diekspresikan oleh pengguna lainnya. Tampilan antarmukanya mirip dengan halaman "For Your Page" (FYP) yang ada di aplikasi TikTok.

Baca juga: Instagram Luncurkan Reels, Fitur Video Pendek Mirip TikTok

Pengguna bisa mengusap (swipe) layar ke atas untuk melihat konten video pendek selanjutnya yang dibuat pengguna lain, serta mengusap layar ke bawah untuk menyaksikan konten yang sudah dilihat sebelumnya.

Konten yang diunggah bisa dikomentari seperti video TikTok. Pengguna juga bisa memberikan like dan membagikan (forward) konten tersebut ke teman-teman. Penempatan tombol like, comment, dan share berada di sisi kanan video.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur Reels di InstagramKOMPAS.com/ConneyStephanie Fitur Reels di Instagram

Untuk membuat video Reels, pengguna cukup meng-klik ikon kamera yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih opsi apakah ingin merekam video atau mengambil dari galeri ponsel.

Sebelum diunggah, video bisa ditambahi efek, stiker, musik, caption, dan lain sebagainya. Setelah itu, tinggal klik "Next" di bagian bawah.

Video Reels dapat dibagikan lewat fitur Instagram Stories, Feeds, maupun Direct Message. Pengguna bisa mengatur Reels secara publik atau private.

Jika memilih opsi "publik", video Reels bisa ditelusuri oleh pengguna lain di halaman khusus Reels yang dimuat di menu Explore.

Baca juga: Begini Cara Membuat Highlights Instagram Stories Berikut Cover

Seperti halnya sebuah Instagram Stories, konten yang ditayangkan di Reels bakal hilang setelah 24 Namun, pengguna bisa menyimpan Reels yang mereka ciptakan dengan fitur Hightlights.

Belum diketahui apakah konten Reels yang ditampilkan bakal menyesuaikan dengan ketertarikan pengguna atau tidak.

Untuk memperoleh fitur Reels, pengguna harus melakukan update aplikasi Instagram terlebih dahulu lewat toko aplikasi Google Play Store untuk Android di tautan berikut, dan App Store untuk iOS di link ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X