Rabu Siang, Pengguna Android Masih Keluhkan Google Terus Berhenti

Kompas.com - 23/06/2021, 11:41 WIB
Ilustrasi error Google terus berhenti atau Google keeps stopping yang muncul di perangkat Android KOMPAS.com/ OIK YUSUFIlustrasi error Google terus berhenti atau Google keeps stopping yang muncul di perangkat Android

KOMPAS.com - Hingga Rabu (23/6/2021) siang, pengguna ponsel Android masih mengeluhkan kendala di ponselnya, yang menampilkan peringatan Google Terus Berhenti atau Google Keeps Stopping.

Kendala ini tak hanya dirasakan oleh pengguna ponsel Android di Indonesia saja, melainkan juga di beberapa negara di dunia, seperti pantauan KompasTekno dari linimasa Twitter.

Meski Google mengklaim telah menerima laporan bahwa Google App tidak berfungsi seperti yang diharapkan pada Selasa (22/6/2021) lalu, namun hingga Rabu (23/6/2021) siang belum ada update pernyataan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami telah menerima laporan bahwa Google App di Android tidak berfungsi seperti yang diharapkan untuk beberapa pengguna. Kami sedang menyelidiki masalah ini," kata perwakilan Google Indonesia.

Baca juga: 4 Cara Memperbaiki Error Google Terus Berhenti di Android

Pop-up notifikasi error "Google terus berhenti" atau "Google Keeps Stopping" dalam setelan Bahasa Inggris, terus muncul di ponsel Android sejak Selasa (22/6/2021) siang, meskipun aplikasi Google sudah dihentikan paksa.

Ilustrasi penghapusan update di aplikasi Google untuk menghentikan masalah error Google terus berhenti atau Google keeps stopping yang terus munculKOMPAS.com/ OIK YUSUF Ilustrasi penghapusan update di aplikasi Google untuk menghentikan masalah error Google terus berhenti atau Google keeps stopping yang terus muncul
Selain itu, sejumlah layanan Google, seperti Search dan Gmail turut dikeluhkan tidak dapat berfungsi. Masalah ini disinyalir berasal dari pembaruan (update) terkini aplikasi Google yang menimbulkan error.

Solusi sementara untuk memperbaiki masalah "Google terus berhenti" ini adalah dengan menghapus pembaruan dari aplikasi Google.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu setting ponsel kemudian buka bagian pengelolaan aplikasi.
  2. Cari dan buka aplikasi Google dari daftar yang muncul.
  3. Lalu, klik menu berlambang tiga titik di pojok kanan atas dan pilih "Hapus instalan pembaruan".
  4. Klik "Ok" di prompt yang muncul.

Baca juga: Begini Cara Mencegah Masalah Google Terus Berhenti di Android

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.