Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Diundur, Kompetisi DoTA2 "The International" Terancam Batal

Kompas.com - 24/06/2021, 12:03 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kompetisi e-sports skala dunia untuk game multiplayer online battle arena (MOBA) besutan Valve Defense of The Ancients 2 (DoTA 2) yang ke-10 batal digelar pada 2020 lalu gara-gara pandemi Covid-19.

Turnamen tahunan yang biasa dijuluki "The International", alias "TI10" untuk tahun ke-10 tersebut lantas ditunda penyelenggaraannya hingga 2021 ini, dan rencananya bakal digelar di kota Stockholm, Swedia.

Kini, TI10 terancam kembali batal digelar. Pasalnya, Valve baru-baru ini mengonfirmasi bahwa Federasi Olahraga Swedia menolak menjadikan kompetisi tersebut sebagai "turnamen elite", atau bisa dibilang tidak setara dengan kompetisi olahraga pada umumnya.

Baca juga: Video Dota 2 Bisa Ditonton di Pesawat Air China

Konon, kompetisi e-sports yang tidak tergolong prestisius, di bawah regulasi serta "situasi politik" terkini di Swedia, tidak akan bisa digelar di sana.

Valve pun mengaku telah menemui Federasi Esports Swedia dan Visit Stockholm untuk mencari solusinya, namun hal tersebut tak membuahkan hasil.

"Satu-satunya opsi kami adalah meminta Menteri Dalam Negeri Swedia untuk kembali menjadikan kompetisi e-sports DoTA 2 sebagai ajang olahraga elite, namun permintaan kami langsung ditolak," tulis Valve dalam sebuah pengumuman.

Valve menambahkan, penolakan dari pemerintah Swedia ini bakal memberikan efek domino terhadap para pemain, kru Valve, dan TI10 itu sendiri. Sebab, mereka tidak bisa masuk ke Swedia karena visanya bakal ditolak.

Baca juga: Ribuan Warga Swedia Tanam Microchip di Tubuh

Pihak Valve kini tengah menunggu keputusan pemerintah Swedia, usai mengajukan banding terkait TI10 yang hingga saat ini belum ada putusan akhirnya.

Bakal digelar di tempat lain?

Ilustrasi turnamen The International 2019 DoTA 2 di Shanghai, China.Polygon Ilustrasi turnamen The International 2019 DoTA 2 di Shanghai, China.

Sembari menunggu, pihak Valve pun mencari alternatif tempat lain agar perhelatan TI10, yang rencananya akan digelar pada 5-15 Agustus 2021 mendatang, bisa digelar secara lancar dan tidak batal digelar.

"Kami sudah mulai mencari tempat pengganti di wilayah Eropa lainnya untuk berjaga-jaga apabila pemerintah Swedia tidak bisa mengakomodasi TI10 seperti rencana awal," tutur Valve.

"Apapun keputusannya, kami yakin akan mendapatkan solusi, supaya bisa menggelar TI10 di Eropa tahun ini. Kami akan mengumumkan kabar terbaru terkait hal tersebut dalam beberapa waktu ke depan," imbuh Valve.

Untuk saat ini, Valve menjelaskan bahwa babak kualifikasi regional (Regional Qualifiers) bakal tetap digelar secara online mulai Selasa (23/6/2021).

Para penggemar bisa menontonnya di dalam client game DoTA 2 masing-masing dengan jadwal sebagai berikut:

- Eastern Europe: 23 - 26 Juni 2021
- South America: 23 - 26 Juni 2021
- North America: 30 Juni - 3 Juli 2021
- South East Asia: 30 Juni - 3 Juli 2021
- China: 7 - 10 Juli 2021
- Europe: 7 - 10 Juli 2021

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com