Oppo Reno6 Andalkan "Computational Photography" untuk Merekam Video, Apa Itu?

Kompas.com - 05/07/2021, 12:59 WIB
Oppo Reno6 OppoOppo Reno6
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, Oppo akan membawa ponsel terbarunya, Reno6, ke Indonesia. Menjelang waktu peluncurannya, Oppo Indonesia mengumbar sejumlah fitur baru yang dimiliki ponsel tersebut.

Salah satu yang menjadi andalan adalah sektor videografi. Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, mengklaim Reno6 merupakan smartphone pertama dengan fitur video yang mengandalkan computational photography. Apa itu?

Sederhananya, teknologi tersebut memungkinkan Oppo Reno6 dapat mempercantik hasil pengambilan video yang direkam oleh pengguna secara otomatis, tanpa harus melalui proses penyuntingan (editing) tambahan.

Untuk mengoptimalkan hasil video, computational photography memanfaatkan teknologi AI deep learning yang dipadu dengan algoritma pemrosesan gambar yang telah diperbarui. 

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto dalam konferensi pers virtual Oppo Reno6 Imaging Workshop, Senin (5/7/2021).KOMPAS.com/BILL CLINTEN PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto dalam konferensi pers virtual Oppo Reno6 Imaging Workshop, Senin (5/7/2021).
"Deep learning memungkinkan smartphone mengidentifikasi bagian gambar mana yang berisi subyek, serta menganalisis posisi dan hubungannya dengan latar belakang," tutur Aryo dalam konferensi pers virtual Oppo Reno6 Imaging Workshop, Senin (5/7/2021).

Baca juga: Bocoran Oppo Reno6 Indonesia, Beda dengan Versi Global, Punya Kamera 64 MP

Sistem ini akan mempelajari sejumlah parameter dalam sebuah video, mencakup postur tubuh obyek (manusia), depth of field, cahaya dan angle perekaman, serta obyek lingkungan lainnya macam bayangan, langit, awan, air, dan lain-lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari situ, sistem akan mengenali mana elemen yang merupakan obyek bergerak dan mana yang bukan, serta mengoptimalkan hasil perekaman video supaya lebih terang, lebih tajam, dan memiliki warna yang natural.

Aryo mengklaim seluruh pemrosesan video tersebut bisa dilakukan Reno6 dalam sekejap.

"Proses deep learning, rendering tingkatan piksel, pengoptimalan video, serta algoritma lainnya dapat dilakukan (secara akurat) dalam hitungan sepersekian detik," klaim Aryo. 

Fitur Video Oppo Reno6

Bokeh Flare Portrait di Oppo Reno6 Oppo Bokeh Flare Portrait di Oppo Reno6
Oppo pun menanamkan sejumlah fitur video di Reno6, mencakup AI Highlight Video, Bokeh Flare Portrait, hingga Portrait Beautification Video.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X