Jeff Bezos Resmi Tinggalkan Jabatan CEO Amazon

Kompas.com - 05/07/2021, 07:45 WIB

KOMPAS.com - Jeff Bezos mundur dari jabatannya selaku Chief Executive Officer (CEO) Amazon, pada Senin (5/7/2021). Posisi CEO Amazon selanjutnya akan diwariskan kepada Andy Jassy, yang saat sebelumnya menjabat sebagai CEO Amazon Web Services.

Sebenarnya, kabar pengunduran diri Bezos dari kursi kepemimpinan Amazon ini sudah disampaikan pada Februari lalu.

Namun, pria berkepala plontos itu belakangan menyampaikan alasannya memilih tanggal 5 Juli sebagai hari resmi hengkangnya ia dari kursi CEO itu. Bagi Bezos, tanggal tersebut memiliki makna tersendiri bagi dirinya.

"Kami memilih tanggal itu (5 Juli) karena tanggal itu sentimental bagi saya. Itu adalah hari di mana Amazon didirikan pada tahun 1994, tepat 27 tahun yang lalu,” kata Bezos, sebagaimana dihimpun dari CNBC.

Setelah mundur, pria berumur 57 tahun ini masih akan berada di Amazon dengan mengisi posisi sebagai Ketua Eksekutif Dewan di Amazon. Bezos juga mengaku masih akan terlibat dalam proyek-proyek penting Amazon.

Baca juga: Profil Jeff Bezos, Mantan Pelayan McDonalds yang Sukses Mendirikan Amazon

Kendati demikian, Bezos tak memungkiri, ke depannya ia akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk fokus di Bezos Earth Fund, perusahaan roket Blue Origin, The Washington Post, dan Amazon Day 1 Fund.

Orang paling kaya

Selama kurang lebih 27 tahun menakhodai perjalanan Amazon, Bezos terbilang berhasil menjadikan Amazon sebagai salah satu marketplace raksasa di dunia.

Dari yang awalnya hanya sebagai toko buku online, Amazon kini bertransformasi dan menyediakan beragam layanan, seperti komputasi awan melalui Amazon Web Service (AWS), streaming video melalui Amazon Prime, hingga kecerdasan buatan.

Beberapa perusahaan yang dimiliki Amazon mencakup perusahaan fesyen Zappos, perusahaan grosir bahan pangan Whole Foods, perusahaan pembuat buku berbasis audio Audible, perusahaan robot Kiva Systems, dan lain sebagainya.

Platform kurator buku online Good Reads, platform streaming game populer Twitch, serta media The Washington Post juga kini berada di bawah naungan Amazon.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.