Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpulkan Data Pengguna, Software Editing Audio Audacity Dituding Jadi Spyware

Kompas.com - 06/07/2021, 15:37 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Fosspost

KOMPAS.com - Pertama kali dirilis 21 tahun lalu, Audacity adalah salah satu software audio editing terpopuler. Setelah diakuisisi oleh Muse Group pada April 2021, perangkat lunak ini dijanjikan bakal tetap gratis dan bersifat open source.

Namun, pengguna agaknya mesti tetap "membayar" Audacity dengan cara lain. Pasalnya, Audacity belakangan menyatakan bakal mengumpulkan data pengguna dan membagikannya dengan pihak-pihak tertentu.

Berdasarkan laman kebijakan privasi Audacity yang baru, data yang dihimpun mencakup  nama dan versi sistem operasi dari perangkat pengguna, negara tempat pengguna berada berdasarkan alamat IP, serta CPU perangkat.

Baca juga: Internet Sudah 5G, Apa Kabar RUU Perlindungan Data Pribadi?

Data soal kode error dan laporan crash pada software juga dikumpulkan, juga "data yang diperlukan untuk penegakan hukum, litigasi, dan permintaan pihak berwenang (jika ada)".

Disebutkan bahwa data  ini nantinya bisa dibagikan ke sejumlah pihak, termasuk karyawan, penasihat, serta perwakilan humum Muse Group, berikut "pembeli potensial" terkait kemungkinan pembelian bisnis Muse Group di masa mendatang, selain pihak otoritas

"Semua data Anda disimpan dalam server kami di wilayah ekonomi Eropa (EEA). Namun, kami kadang perlu membagikan data pribadi Anda dengan kantor utama kami di Rusia dan perwakilan eksternal di Amerika Serikat," sebut Muse Group.

Perubahan kebijakan privasi Audacity keruan saja memantik kontroversi dan  protes dari kalangan pengguna. Sebagian bahkan menuding bahwa software tersebut sekarang sudah berubah menjadi spyware alias program mata-mata pengumpul data.

Alasannya tak lain karena mekanisme pengumpulan dan pembagian data tadi. Fosspost, misalnya, menyebutkan bahwa alamat IP pengguna disimpan selama 1 hari di server Audacity sebelum diamankan dengan hash.

Baca juga: Data Pengguna Dijual Online, Ini Tanggapan LinkedIn

Dengan demikian, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (6/7/2021), bisa saja pengguna Audacity diidentifikasi apabila ada kalangan pemerintah yang meminta data sebelum periode 1 hari tersebut berakhir.

Komunitas developer open source di beberapa forum online seperti Github dan Reddit sudah mulai menyuarakan seruan untuk beralih mengembangkan software audio editing baru menggunakan kode Audacity.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com