Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Setop Terima Pesan WhatsApp di Android, Tanpa Matikan Internet dan Hapus Aplikasi

Kompas.com - Diperbarui 12/08/2021, 11:15 WIB

KOMPAS.com - Merasa cemas karena menerima banyak pesan duka pada saat pandemi yang dialami masyarakat, tidak sedikit pengguna media sosial yang melakukan detoks dan menghentikan sementara penggunaannya.

Untuk berhenti sementara dari media sosial, seperti Twitter, Facebook, atau Instagram, sangatlah mudah. Pengguna cukup keluar (sign out) dari akun tanpa harus menghapus aplikasi.

Namun, berbeda dengan WhatsApp. Pengguna tidak bisa sembarangan keluar masuk akun, seperti media sosial lain. Sebab, WhatsApp sendiri tidak menyediakan pilihan sign out dalam aplikasinya.

Anda memang bisa mematikan akses internet ponsel dengan mematikan data seluler atau WiFi. Namun, cara ini membuat Anda tidak bisa menerima telepon, menerima e-mail, atau mengakses aplikasi lain yang membutuhkan akses internet.

Hingga saat ini, belum ada fitur khusus untuk menonaktifkan atau keluar dari akun WhatsApp dalam waktu tertentu.

Meski demikian, terdapat trik yang bisa dilakukan untuk berhenti sementara menggunakan WhatsApp di perangkat Android. Triknya yaitu menghentikan secara paksa WhatsApp di dalam perangkat tanpa perlu menghapus aplikasi.

Untuk melakukan hal tersebut, pengguna cukup masuk ke menu pengaturan (setting) ponsel, kemudian buka menu "Aplikasi".

Setelah itu, pilih aplikasi WhatsApp. Nantinya, pengguna akan dihadapkan pada beberapa opsi, salah satunya adalah "Force Stop". Tekan tombol tersebut untuk menghentikan kinerja WhatsApp.

Perlu diketahui, apabila Anda melakukan force stop pada WhatsApp, pengirim pesan hanya bisa melihat keterangan "centang satu" alias belum masuk pada pesan yang dikirimkan kepada Anda.

Dengan memilih opsi ini, Anda bisa menghentikan kinerja Whatsapp tanpa harus menghapus aplikasinya. Anda akan bisa mulai mendapatkan pesan lagi apabila membuka aplikasi WhatsApp.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.