Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Kenalkan "Super Thanks", Fitur Beri Tip untuk Kreator Konten

Kompas.com - 23/07/2021, 06:59 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pengguna YouTube bakal segera bisa memberikan tip berupa sejumlah uang kepada YouTuber favorit mereka. Hal ini dimungkinkan karena YouTube kini sedang menguji sebuah fitur baru bernama "Super Thanks".

Dalam video ilustrasi yang disajikan YouTube di blog perusahaan, fitur "Super Thanks" ini nantinya akan diwakili oleh ikon "Thanks" berbentuk hati dengan lambang mata uang dollar ($) di dalamnya.

Ikon ini terletak di antara ikon Download dan Save, di bawah video YouTube.

Bila ikon "Thanks" diklik, pengguna akan disajikan empat opsi besaran tip, yaitu 2 dollar AS, 5 dollar AS, 10 dollar AS, dan 50 dollar AS. Besaran tip ini disebutkan juga akan tersedia dalam mata uang setempat dari masing-masing pengguna.

"Super Thanks saat ini dalam versi beta, dan diluncurkan hari ini untuk kreator dan penonton di 68 negara. Baik di desktop meupun perangkat seluler (Android dan iOS)," kata Barbara Macdonald selaku Product Manager, Paid Digital Goods YouTube dalam blog resmi perusahaan.

Baca juga: YouTuber Pengulas Gadget Ternama Beberkan Strategi Dapat Uang dari YouTube

Terkait opsi besaran tip, Macdonald menyebutkan, tak menutup kemungkinan ke depannya akan ada opsi tip secara custom, alias penonton bisa memasukkan nominal tip berapapun sesuai keinginan mereka.

fitur Super Thanks untuk memberikan tip kepada YouTuber.YouTube fitur Super Thanks untuk memberikan tip kepada YouTuber.
Yang pasti, kata Macdonald, hadirnya fitur Super Thanks ini adalah bentuk komitmen perusahaan untuk membantu para kreator konten untuk memperoleh pendapatan dari platform streaming video yang didirikan pada 2005 itu.

"Dengan fitur ini, penggemar yang menonton video YouTube sekarang dapat menggunakan Super Thanks untuk mengungkapkan rasa terima kasih dan menunjukkan dukungan mereka," kata Macdonald.

Super Thanks terhitung merupakan produk keempat yang disediakan YouTube untuk skema pembayaran langsung pada kreator konten.

Baca juga: Cara Upload Video dari YouTube ke Status WhatsApp

Sebelumnya, YouTube juga menawarkan fitur keanggotaan saluran (channel membership), di mana YouTuber bisa menentukan sejumlah nominal untuk biaya langganan bulanan para penonton.

Pada 2017 dan 2019, YouTube juga meluncurkan fitur Super Chat dan Super Stickers, yang bisa digunakan penonton untuk memberikan tip kepada YouTuber melalui kolom chat selama live streaming berlangsung.

Nah, berbeda dari dua produk sebelumnya, fitur Super Thanks ini bisa digunakan untuk memberikan tip di semua video yang diunggah di YouTube, tak terbatas pada saat live streaming saja.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (23/7/2021), kreator konten yang bisa mendapatkan akses ke Super Thanks ini harus menjadi bagian dari Program Partner YouTube.

Baca juga: Begini Cara Hemat Kuota saat Nonton YouTube

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com