Begini Cara Hemat Kuota saat Nonton YouTube

Kompas.com - 27/04/2021, 20:11 WIB
Ilustrasi YouTube androidcentral.comIlustrasi YouTube

KOMPAS.com - Pengguna YouTube bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton konten video yang ada di platform tersebut. Penonton kerap menyaksikan tayangan live streaming atau melihat konten video lainnya.

Hal ini tak menjadi masalah apabila menggunakan Wi-Fi atau paket internet yang tidak membatasi pemakaian data. Beda halnya apabila pengguna mengandalkan koneksi seluler di smartphone atau tablet yang kuota datanya terbatas.

Untungnya, kini YouTube punya fitur baru yang bisa membantu pengguna untuk menghemat kuota data internet mereka.

Fitur baru ini merupakan mode tambahan di mana pengguna bisa mengatur kualitas video yang akan ditampilkan lewat opsi Video Quality Preferences. Lantas bagaimana cara menggunakan fitur ini?

Baca juga: Ganti Nama Channel YouTube Kini Lebih Mudah, Begini Caranya

Untuk mengatur mode hemat data ini, pengguna bisa cukup membuka menu "Pengaturan". Menu tersebut bisa dibuka melalui tombol tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas video yang tengah disaksikan.

Kemudian, pengguna akan menemukan ada tiga opsi pengaturan yang dapat dipilih, yakni Auto, Higher, dan Data Saver.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara menghemat pemakaian data internet saat menonton video YouTube9to5google.com Cara menghemat pemakaian data internet saat menonton video YouTube
Jika memilih opsi "Auto", maka YouTube akan menampilkan tayangan video dengan kualitas terbaik berdasarkan kecepatan koneksi data internet pengguna.

Baca juga: YouTube Hapus 83 Juta Video dan 7 Miliar Komentar sejak 2018

Misalnya, video YouTube yang sebelumnya secara default ditayangkan dalam kualitas high definition (720p ke atas), secara otomatis akan diturunkan apabila adanya gangguan koneksi internet.

Sedangkan "Higher" merupakan opsi apabila pengguna ingin YouTube menampilkan video beresolusi tinggi. Itu artinya jika memilih opsi "Higher" maka kuota yang dihabiskan akan lebih besar karena video beresolusi tinggi.

Untuk menghemat kuota, pengguna bisa memilih opsi "Data Saver" yang akan menampilkan tayangan video dengan kualitas paling rendah mulai dari 144p dan maksimal 480p. Semakin rendah resolusi yang ditampilkan maka semakin irit penggunaan data.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Google, Selasa (27/4/2021), mode hemat data ini sudah bisa digunakan oleh pengguna YouTube berbasis aplikasi baik di Android maupun iOS.



Sumber 9to5Google
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.