Corning Umumkan Gorilla Glass DX dan DX+ untuk Kamera Smartphone

Kompas.com - 26/07/2021, 14:15 WIB
Ada empat kamera belakang di Galaxy S21 Ultra, terdiri dari kamera utama (wide) 108 MP, kamer ultra wide 12 MP, kamera telefoto 10 MP 3x optical zoom, kamera telefoto periskop 10 MP 10x optical zoom. Lingkaran kelima memuat sensor laser untuk autofokus
KOMPAS.com/ OIK YUSUFAda empat kamera belakang di Galaxy S21 Ultra, terdiri dari kamera utama (wide) 108 MP, kamer ultra wide 12 MP, kamera telefoto 10 MP 3x optical zoom, kamera telefoto periskop 10 MP 10x optical zoom. Lingkaran kelima memuat sensor laser untuk autofokus

KOMPAS.com - Corning, perusahaan pembuat Gorilla Glass, mengumumkan versi terbaru dari kaca pelapis dan pelindung gadget, yaitu Gorilla Glass DX dan DX+.

Nama Gorilla Glass DX dan DX+ sebenarnya sudah pernah diperkenalkan sebelumnya oleh Corning. Namun dua model kaca pelapis ini sebelumnya hanya ditujukan untuk melidungi bodi smartwatch agar tahan gores.

Kali ini, Corning mengumumkan secara khusus mengadopsi versi terbaru dari Gorilla Glass DX dan DX+ untuk melindungi lensa kamera pada smartphone.

Dua model pelapis ini diklaim mampu memberikan perlindungan yang andal untuk lensa ponsel, tanpa mengganggu kualitas gambar atau video yang dihasilkan.

"Sejak 2016, produk Gorilla Glass DX telah digunakan di lebih dari 30 juta perangkat wearable dan sekarang diadopsi pada lensa kamera ponsel," tulis Corning di situs resmi perusahaan.

VP dan General Manager Corning Gorilla Glass, Jaymin Amin mengklaim, komposit Gorilla Glass DX dan DX+ ini lebih unggul ketimbang lapisan anti-reflektif pada kamera konvensional.

Menurut Amin, lapisan anti-reflektif biasa cenderung mudah tergores dan hanya mampu menangkap 95 persen cahaya. Ini kemudian berdampak negatif pada kualitas gambar yang dihasilkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan, lapisan pelapis Gorilla Glass DX dan DX+ besutan Corning ini memungkinkan lensa ponsel untuk menangkap 98 persen cahaya.

"Dengan menangkap 98 persen cahaya untuk lensa kamera, komposit kaca kami menambah kemampuan melindungi kamera dan membantu menciptakan gambar dan video berkualitas tinggi," kata Amin.

Sebab, semakin maksimal jumlah cahaya yang ditangkap, lensa ponsel akan semakin bisa menghasilkan gambar atau video dengan kualitas tinggi.

Baca juga: Dengan Victus, Layar Gadget Diklaim Tahan Jatuh dari Ketinggian 2 Meter

Pihak Corning memastikan bahwa Samsung bakal menjadi vendor pertama yang mengadopsi Gorilla Glass DX di smartphone besutan mereka. Namun, dalam situsnya, perusahaan tidak menyebutkan nama model perangkat Samsung mana yang akan mengusung pelindung lensa kamera teranyar itu.

Samsung sendiri dijadwalkan menyelenggarakan acara bertajuk "Galaxy Unpacked" pada 11 Agustus mendatang. Panggung itu kemungkinan digunakan untuk memperkenalkan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Senin (26/7/2021).

Tak menutup kemungkinan, dua ponsel itu akan mengadopsi Gorilla Glass DX pada lensa kameranya. Kita tunggu saja.

Baca juga: Samsung Pastikan Buka Pre-order 11 Agustus di Indonesia, Z Fold 3 dan Z Flip 3?



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.