Stylus Samsung S Pen Pro Lolos Sertifikasi Postel, Segera Masuk Indonesia?

Kompas.com - 28/07/2021, 14:33 WIB
Galaxy S21 Ultra menggunakan S Pen. SamsungGalaxy S21 Ultra menggunakan S Pen.

KOMPAS.com- Saat meluncurkan trio Galaxy S21 pada Januari lalu, Samsung turut membekali model Galaxy S21 Ultra dengan dukungan stylus S Pen.

Ini merupakan pertama kalinya Samsung membekali ponsel lini Galaxy S dengan aksesori S Pen, yang biasanya hanya terdapat pada lini Galaxy Note dan beberapa model tablet Galaxy Tab.

Ketika itu, Samsung juga memperkenalkan dua model stylus S Pen, yakni S Pen reguler dan S Pen Pro.

S Pen sendiri sudah lebih dulu dijual bersamaan dengan peluncuran Galaxy S21 series, dengan harga Rp 900.000 hingga Rp 1,2 juta (budle dengan flip cover).

Kini, giliran model S Pen Pro yang segera hadir di Indonesia. Indikasinya, pena digital ini sudah muncul di laman sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo.

Baca juga: Alasan Samsung Bawa Stylus S Pen ke Galaxy S21 Ultra

Aksesori pena digital Samsung S Pen Pro lolos sertifikasi Postel di Indonesia. KOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Aksesori pena digital Samsung S Pen Pro lolos sertifikasi Postel di Indonesia.
Sertifikat bernomor 76470/SDPPI/2021 itu diajukan oleh PT Samsung Telecommunication Indonesia pada 23 Juli lalu. Di kolom brand tertulis bahwa ini merupakan perangkat S Pen Pro dengan nomor model EJ-P5450.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berbeda dari S Pen reguler, S Pen Pro ini memiliki ukuran yang lebih besar dan dukungan bluetooth low energy (BLE).

Ini membuat S Pen Pro memiliki kemampuan Air Action atau mengontrol layar dari jarak jauh. Misalnya dapat digunakan untuk mengontrol kamera dari jarak jauh.

Galaxy S21 Ultra kompatibel dengan aksesori S Pen reguler dan S Pen Pro.Samsung Galaxy S21 Ultra kompatibel dengan aksesori S Pen reguler dan S Pen Pro.

Selain itu, S Pen Pro juga bisa digunakan untuk menulis atau menggambar di Samsung Notes hingga mengoperasikan layar untuk menggulir teks atau menggeser galeri foto.

Meski sudah terdaftar di laman Postel, belum ada informasi resmi terkait harga dan jadwal ketersediaan S Pen Pro di Indonesia.

Halaman:


Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.