Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stylus Samsung S Pen Pro Lolos Sertifikasi Postel, Segera Masuk Indonesia?

Kompas.com - 28/07/2021, 14:33 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com- Saat meluncurkan trio Galaxy S21 pada Januari lalu, Samsung turut membekali model Galaxy S21 Ultra dengan dukungan stylus S Pen.

Ini merupakan pertama kalinya Samsung membekali ponsel lini Galaxy S dengan aksesori S Pen, yang biasanya hanya terdapat pada lini Galaxy Note dan beberapa model tablet Galaxy Tab.

Ketika itu, Samsung juga memperkenalkan dua model stylus S Pen, yakni S Pen reguler dan S Pen Pro.

S Pen sendiri sudah lebih dulu dijual bersamaan dengan peluncuran Galaxy S21 series, dengan harga Rp 900.000 hingga Rp 1,2 juta (budle dengan flip cover).

Kini, giliran model S Pen Pro yang segera hadir di Indonesia. Indikasinya, pena digital ini sudah muncul di laman sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo.

Baca juga: Alasan Samsung Bawa Stylus S Pen ke Galaxy S21 Ultra

Aksesori pena digital Samsung S Pen Pro lolos sertifikasi Postel di Indonesia. KOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Aksesori pena digital Samsung S Pen Pro lolos sertifikasi Postel di Indonesia.
Sertifikat bernomor 76470/SDPPI/2021 itu diajukan oleh PT Samsung Telecommunication Indonesia pada 23 Juli lalu. Di kolom brand tertulis bahwa ini merupakan perangkat S Pen Pro dengan nomor model EJ-P5450.

Berbeda dari S Pen reguler, S Pen Pro ini memiliki ukuran yang lebih besar dan dukungan bluetooth low energy (BLE).

Ini membuat S Pen Pro memiliki kemampuan Air Action atau mengontrol layar dari jarak jauh. Misalnya dapat digunakan untuk mengontrol kamera dari jarak jauh.

Galaxy S21 Ultra kompatibel dengan aksesori S Pen reguler dan S Pen Pro.Samsung Galaxy S21 Ultra kompatibel dengan aksesori S Pen reguler dan S Pen Pro.

Selain itu, S Pen Pro juga bisa digunakan untuk menulis atau menggambar di Samsung Notes hingga mengoperasikan layar untuk menggulir teks atau menggeser galeri foto.

Meski sudah terdaftar di laman Postel, belum ada informasi resmi terkait harga dan jadwal ketersediaan S Pen Pro di Indonesia.

Meski merupakan perangkat pendukung, stylus S Pen Pro wajib terdaftar dan mendapat sertifikasi Postel.

Pasalnya, mengutip halaman resmi Kementerian Kominfo, sertifikat ini harus dibuat untuk setiap alat telekomunikasi yang mentransmisi, atau mentransmisi dan menerima spektrum radio, termasuk bluetooth.

Masuk bersama Galaxy Z Fold 3?

Selain Galaxy S21 Ultra, stylus S Pen Pro ini juga konon akan dapat digunakan untuk mengoperasikan ponsel layar lipat Samsung berikutnya. 

Konon, ponsel tersebut akan bernama Galaxy Z Fold 3 yang akan dirilis pada 11 Agustus mendatang.

Hal ini terungkap dari daftar listing perangkat bernama Galaxy Z Fold 3 dengan nomor model SM-F926U di situs sertifikasi ponsel Amerika Serikat, FCC, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Terungkap, Samsung Galaxy Z Fold 3 Dukung Stylus S Pen

Di bagian deskripsi produk disebutkan bahwa Galaxy Z Fold 3 mendukung S Pen, pengisian daya tanpa kabel 9 watt, NFC, hingga dukungan konektivitas 5G.

Galaxy Z Fold 3 bakal mendukung S Pen.GSMArena Galaxy Z Fold 3 bakal mendukung S Pen.
Bila benar, maka Galaxy Z Fold 3 kemungkinan juga akan bisa menggunakan S Pen reguler dan S Pen Pro, atau bahkan bisa juga meminjam S Pen dari Galaxy Note 10 dan Note 20, layaknya Galaxy S21 Ultra.  Kendati demikian, hal ini masih menunggu informasi resmi dari Samsung.

Vendor asal Korea Selatan ini disinyalir akan memperkenalkan Galaxy Z Fold 3 dalam acara bertajuk "Galaxy Unpacked" yang dijadwalkan diselenggarakan pada 11 Agustus mendatang.

Di samping itu, acara itu kabarnya juga disiapkan untuk memperkenalkan Galaxy Z Flip 3, Galaxy Watch Active 4, serta earphone TWS Samsung Galaxy Buds 2.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com