Kompas.com - 04/08/2021, 15:08 WIB
Antarmuka Google Play Store dalam Dark Mode. 9to5GoogleAntarmuka Google Play Store dalam Dark Mode.

KOMPAS.com - Beberapa tahun belakang, pengembang software berbondong-bondong menggulirkan mode gelap (dark mode) dengan aneka tingkat kegelapan yang beragam. Fitur ini disebut bisa membantu konsumsi daya perangkat lebih irit.

Tingkat kecerahan layar dan warna latar disebut mempengaruhi konsumsi daya. Dengan mengganti layar dari terang ke gelap, otomatis tingkat kecerahan menurun dan dinilai bisa ikut menghemat konsumsi daya.

Meskipun hal itu benar, menurut hasil riset terbaru dari American Purdue University, mode gelap ternyata tidak begitu signifikan menekan konsumsi daya baterai perangkat.

Menggunakan alat yang mereka buat sendiri, para peneliti meriset enam aplikasi Android yang paling banyak diunduh di Google Play, yakni Google Maps, Goole News, Google Phone, Google Calendar, YouTube, dan Kalkulator.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp di Android, iPhone, Web, dan Desktop

Adapun alat yang digunakan adalah Per-Frame OLED Power Profiler (PFOP) yang kini sedang didaftarkan hak patennya untuk menganalisis konsumsi daya pada layar OLED

Para peneliti mempelajari bagaimana mode malam mempengaruhi aktivitas masing-masing aplikasi tersebut selama 60 detik. Mereka menggunakan perangkat Pixel 2, Moto Z3, Pixel 4, dan Pixel 5 yang dibekali layar OLED.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Konsumsi daya layar jenis OLED paling terdampak dengan mode gelap. Pasalnya, layar OLED akan mengurangi atau mematikan piksel di layar di area-area yang berwarna gelap.

Sama saja dengan mode biasa di kecerahan rendah

Menurut peneliti, di level kecerahan 30-50 persen, mengalihkan mode tampilan dari terang ke gelap hanya akan menghemat daya rata-rata 3-9 persen saja di beberapa smartphone OLED.
Persentase ini sangat kecil dan mungkin efeknya tidak akan terasa oleh pengguna.

Jika pengguna mengatur tingkat kecerahan di level maksimal, persentase daya yang dihemat juga akan semakin besar. Menurut tim Purdue, di tingkat kecerahan layar 100 persen, daya yang dihemat bisa mencapai 39-47 persen setelah beralih ke mode gelap.

Baca juga: Microsoft Office Versi Android Akhirnya Kedatangan Mode Gelap

Salah satu anggota tim peneliti, Pranab Dash, menyimpulkan bahwa konsumsi daya ketika mengaktifkan mode terang dan level kecerahan rendah akan sama saja dengan memasang mode gelap di tingkat kecerahan maksimal.

Dash mencontohkan, penggunaan daya di aplikasi Google News dengan tingkat kecerahan 20 persen di Pixel 5, sama besarnya dengan tingkat kecerahan 50 persen sambil mengaktifkan mode gelap.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari publikasi situs resmi Universitas Purdue, Rabu (4/8/2021),Meskipun penelitian ini hanya mencakup smartphone Android, hasil temuannya diklaim tidak akan berbeda jauh di iPhone yang juga menggunakan layar OLED.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.