Bukalapak Resmi Melantai di BEI Hari Ini, Saham BUKA Naik 25 Persen

Kompas.com - 06/08/2021, 09:07 WIB
Startup eCommerce Bukalapak ANTARA FOTO/Aprillio AkbarStartup eCommerce Bukalapak

KOMPAS.com - Setelah penawaran saham umum perdana (IPO) pada 27-30 Juli, nama startup Bukalapak akhirnya resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) per hari ini, Jumat (6/8/2021).

Menurut pantauan KompasTekno, Jumat pagi, nama PT Bukalapak.com TBbk sudah masuk dalam daftar perusahaan tercatat di situs resmi BEI dengan kode BUKA.

Saham Bukalapak terpantau naik 24,71 persen dalam sesi pencatatan saham perdana, dari Rp 850 menjadi Rp 1060, atau naik 210 poin.

Dengan tercatatnya BUKA di BEI, maka rampung sudah seluruh tahapan IPO Bukalapak kali ini.

Sebelumnya, sesuai jadwal yang ditetapkan perusahaan dalam prospektus yang dirilis pada 27 Juli lalu, Bukalapak telah melakukan IPO pada 27-30 Juli dengan harga Rp 850 per lembar saham.

Baca juga: Bukalapak, Startup Unicorn Indonesia Pertama yang Gelar IPO

Lalu, perusahaan melakukan penjatahan saham pada 3 Agustus 2021, yang dilanjutkan dengan distribusi saham secara elektronik pada 5 Agustus 2021 dan pengembalian uang pesanan di hari yang sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terakhir, Bukalapak resmi melakukan listing di BEI pada 6 Agustus 2021 dengan kode saham BUKA.

CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin pada sesi pencatatan saham BUKA di BEI, Jumat (6/8/2021).YouTube/BEI CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin pada sesi pencatatan saham BUKA di BEI, Jumat (6/8/2021).

Kumpulkan dana hingga Rp 21,9 triliun

Berdasarkan laporan prospektus, dalam IPO kali ini, Bukalapak menawarkan paling banyak sekitar 25,7 miliar lembar saham. Angka tersebut mewakili 25 persen dari modal ditempatkan dan disetor perusahaan setelah IPO.

Jika dikalkulasikan, maka jumlah pendanaan yang diterima Bukalapak dalam IPO ini mencapai sekitar Rp 21,9 triliun.

Baca juga: Berumur 34 Tahun, Pendiri Bukalapak Fajrin Rasyid Jadi Direktur Telkom

Menurut Ratna Karim, Direktur PT Buana Capital Sekuritas selaku penjamin pelaksana emisi efek Bukalapak, perusahaan akan menggunakan sekitar 66 persen dana IPO sebagai modal kerja. Lalu, sisanya akan dimanfaatkan untuk modal kerja sejumlah anak usaha Bukalapak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.