Orang Indonesia Doyan Ketik "Wkwkwk" Saat Tertawa, Ini Asal-usulnya

Kompas.com - 06/08/2021, 16:47 WIB
Ilustrasi tertawa, bahaya tertawa berlebihan. ShutterstockIlustrasi tertawa, bahaya tertawa berlebihan.
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Indonesia memiliki kata yang cukup unik untuk mengekspresikan tertawa di internet. Netizen Indonesia sering kali menggunakan kata "wkwk" (baca: weka-weka) untuk ekspresi kala gembira, senang, dan geli tersebut.

Penggunaan kata "wkwk" di Indonesia bisa dikatakan sangat unik. Warga dunia biasanya memilih istilah "laugh out loud", yang sering kali disingkat lol, atau "haha" untuk menggambarkan situasi tertawa. Adapun "wkwk" hanya digunakan orang Indonesia.

Lantas, dari mana kata "wkwk" itu berasal? Pertanyaan tersebut muncul di situs tanya jawab Quora. Para anggota Quora asal Indonesia pun berlomba-lomba menjawab pertanyaan tersebut.

Salah satunya pengguna Quora bernama Dio Wijayanto Nugroho. Ia menuturkan bahwa kata "wkwk" sebenarnya lahir di komunitas online game.

Awalnya, menurut Dio, para pemain lebih gemar menggunakan kata "gua" sebagai pengganti "saya". Lambat laun, kata tersebut pun berganti menjadi "gw" karena lebih mudah untuk diketik, pemain hanya perlu mengetikkan dua huruf.

Baca juga: GothamChess dan Microsoft, Bukti Galak-nya Netizen Indonesia

Perubahan juga terjadi di ekspresi tertawa. Penggunaan kata "haha" dianggap sangat formal di dunia game. Pemain lebih memilih untuk menggunakan kata "huehue" dan "huahua" untuk ekspresi tertawa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, sama seperti "gua" menjadi "gw", huruf "u" yang ada di "huehue" dan "huahua" diubah menjadi "w". Hasilnya, pemain memilih menggunakan kata "hwhwhw".

Kemudian, kata itu berubah lagi menjadi "wkwk" dengan alasan lebih mudah diketik dibandingkan "haha".

Pemain online game bisa mengetikkan huruf "w" tanpa menggerakkan tangan kiri. Sementara itu, huruf "k" bisa diketik tanpa menggerakkan tangan kanan. Itulah asal mula kata "wkwk".

Baca juga: 19 Kata yang Hanya Dimengerti oleh Karyawan Google

Johannes Sulistyo, pengguna Quora lainnya, menambahkan bahwa para pemain online game di zaman itu juga gemar menuliskan kata "ka-ka-ka" sebagai ekspresi tertawa sarkastik. Penggunaan kata itu diambil dari "ngakak".

Lebih lanjut, penggunaan kata "wakaka" digunakan sebagai pengganti "ka-ka-ka" tersebut. Kemudian, untuk membuatnya semakin sederhana, dibuatkan kata "wkwk".

Bagaimana dengan Anda? Ekspresi tertawa seperti apa yang sering digunakan?

Baca juga: Orang Indonesia Dikenal Ramah, Mengapa Dinilai Tidak Sopan di Dunia Maya?



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.