Pendiri Google Kok Boleh Tinggal di Selandia Baru saat Pandemi?

Kompas.com - 10/08/2021, 07:01 WIB
Salah seorang pendiri Google, Larry Page ReutersSalah seorang pendiri Google, Larry Page

KOMPAS.com - Pendiri Google, Larry Page mendapatkan izin tinggal di Selandia Baru untuk menghabiskan waktu selama pandemi Covid-19. Pejabat Selandia Baru mengonfirmasi kabar ini.

Mereka mengatakan, pria terkaya nomor enam sedunia versi majalan Forbes itu mengajukan izin tinggal di Selandia Baru pada November 2020 melalui jalur khusus, yakni skema "Investor Plus".

Skema ini memungkinkan seseorang untuk berinvestasi sebesar 10 juta dollar Selandia Baru (sekitar Rp 100,8 miliar) selama tiga tahun demi mendapatan visa izin tinggal di sana.

Namun, karena waktu itu Page dan keluarganya sedang berada di luar Selandia Baru, visa tersebut belum bisa diproses. Barulah pada 12 Januari lalu, tepat ketika Page mendarat di Auckland, visa itu diproses oleh pejabat terkait.

"Saat tuan Page masuk ke Selandia Baru, di saat itu pula visanya baru bisa diproses dan disetujui pada 4 Februari 2021," kata perwakilan pejabat Imigrasi Selandia baru, dirangkum KompasTekno dari CNBC, Selasa (10/8/2021).

Baca juga: Pendiri Google Jual Saham Total Rp 15 Triliun

Tepat sehari sebelum visa diproses, keluarga Page mengajukan aplikasi mendesak karena anaknya harus dievakuasi dari Fiji karena butuh pertolongan medis serius.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, dikabarkan bahwa Page dan keluarganya menetap di Fiji selama berbulan-bulan sejak awal 2020 atau ketika Covid-19 mulai mewabah.

Mirip dengan cara Page masuk ke Selandia Baru, pria kelahiran Michigan, Amerika Serikat ini juga masuk negara Fiji dengan skema khusus bernama "blue lane".

Skema tersebut merupakan inisiatif pemerintah Fiji yang memungkinkan sejumlah pemilik kapal superyatch dan jet pribadi bisa masuk Fiji dengan pembatasan minimal.

Menuai kritik

Kedatangan Page ternyata juga menuai kritik dari pejabat setempat. Menteri Kesehatan Selandia Baru, Andrew Little, mengatakan kepada parlemen bahwa ia menghendaki langkah sesuai prosedur dalam kasus evakuasi medis yang diajukan Page.

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.