Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Vaksin Covid-19 di Jakarta Bisa Dicari lewat Google Maps, Begini Caranya

Kompas.com - 11/06/2021, 12:06 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui inisiatif Jakarta Smart City, menggandeng Google untuk menampilkan informasi lokasi vaksin Covid-19 di Google Maps.

Hal tersebut disampaikan akun resmi Twitter Jakarta Smart City (@JSCLab) dalam sebuah unggahan belum lama ini.

Untuk mengetahui lokasi vaksin/vaksinasi Covid-19, pengguna cukup mengetikkan kata kunci "lokasi vaksin Covid-19" atau frasa serupa di kolom pencarian GoogleMaps, baik versi desktop maupun mobile.

Pengguna juga bisa menggunakan Google Assistant dan memasukkan perintah suara seperti "di mana lokasi vaksinasi Covid-19 di Jakarta?" dan lain sebagainya.

Baca juga: Google Maps Bakal Tampilkan Informasi Cuaca dan Kualitas Udara

Google kemudian akan menampilkan sejumlah lokasi vaksin atau vaksinasi Covid-19 terdekat dengan lokasi pengguna, baik itu puskesmas maupun rumah sakit, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Langkah pencarian lokasi vaksinask Covid-19 di Google Maps.KOMPAS.com/Bill Clinten Langkah pencarian lokasi vaksinask Covid-19 di Google Maps.
Lalu, pengguna bisa memilih puskesmas atau rumah sakit yang ditandai dengan pin berwarna merah di tampilan Maps.

Ketika di-klik, pengguna bisa melihat informasi detail tentang lokasi tersebut, mencakup alamat, nomor telepon, syarat yang dibutuhkan sebelum melakukan proses vaksinasi Covid-19, dan masih banyak lagi.

Di laman tersebut, pengguna juga bisa langsung diarahkan ke lokasi yang dipilih dengan meng-klik tombol "Directions", meminta informasi lanjutan melalui telepon dengan tombol "Call", menyimpan lokasi dengan tombol "Save", dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara untuk Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps

Perlu dicatat, informasi lokasi vaksinasi Covid-19 ini hanya berlaku di wilayah DKI Jakarta saja.

Sebab, ketika KompasTekno mencoba di wilayah luar Jakarta, seperti Tangerang, Bogor, hingga Bekasi, Jumat (11/6/2021), Google tak bisa menandai titik mana saja yang bisa disambangi pengguna untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Terlepas dari itu, warga Jakarta bisa melihat syarat-syarat umum untuk mendapatkan vaksin Covid-19, begitu juga tahap target vaksin yang sedang dijalankan saat ini di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com