Buka Instagram Bakal Ditanya Tanggal Ulang Tahun Dahulu, Ini Tujuannya

Kompas.com - 01/09/2021, 06:40 WIB
ilustrasi Instagram user CNETilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Instagram akan memulai menanyai penggunanya informasi tanggal lahir/ulang tahun mereka. Akan ada kolom informasi tanggal ulang tahun yang wajib diisi oleh seluruh pengguna Instagram.

Hal itu dilakukan sebagai bagian dari upaya Instagram dalam melindungi privasi dan keamanan pengguna di platformnya.

Vice President of Youth Product Instagram, Pavni Diwanji mengatakan, persyaratan mengisi tanggal ulang tahun ini berguna untuk membantu Instagram menyajikan pengalaman yang sesuai dengan usia penggunanya.

Baca juga: Cara Kirim Foto Sekali Lihat di Instagram

Terlebih, pengguna remaja saat ini masih menjadi perhatian khusus Instagram. Pada Juli 2021 lalu misalnya, pengguna baru Instagram yang berusia di bawah 16 tahun atau 18 tahun akan mendapati akun mereka dikunci (private) secara default.

Sementara, bagi pengguna remaja yang telah mendaftar dari lama, dan terlanjur mengatur akunnya secara publik, Instagram akan mendorong mereka untuk menjadikan akunnya sebagai akun privat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Diwanji, informasi tanggal ulang tahun ini juga diperlukan Instagram untuk mempersonalisasi pengalaman pengguna, termasuk dalam hal memunculkan konten iklan yang lebih relevan.

"Informasi ini (tanggal lahir) memungkinkan kami untuk membuat fitur keselamatan baru bagi kalangan remaja. Hal ini juga membantu kami sehingga dapat memberikan pengalaman yang tepat yang sesuai dengan usia mereka," kata Diwanji dalam sebuah posting blog.

2 Cara

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Instagram, Rabu (1/9/2021), ada dua skema yang akan dilakukan Instagram untuk meminta pengguna memasukkan tanggal ulang tahun mereka.

Baca juga: Pengguna Instagram Bisa Batasi DM atau Komentar Orang Tak Dikenal

Pertama, Instagram akan memunculkan pemberitahuan yang menanyakan tanggal ulang tahun, ketika pengguna pertama kali membuka aplikasi.

Pemberitahuan tersebut akan dimunculkan secara berkala, hingga pengguna benar-benar mengisi informasi tanggal lahir/ulang tahunnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.