Kompas.com - 08/09/2021, 14:06 WIB

KOMPAS.com - Popularitas TikTok kian menanjak. Bahkan, TikTok kini mengalahkan YouTube di kandangnya.

Hal ini terlihat dari hasil penelitian perusahaan riset aplikasi mobile App Annie, terhitung akhir Juni lalu atau penghujung kuartal kedua (Q2) 2021. 

Dari riset tersebut diketahui bahwa pengguna internet di Amerika Serikat (AS) lebih doyan menonton TikTok daripada YouTube.

Masing-masing warganet AS tercatat menghabiskan waktu 24 jam setiap bulannya untuk menonton video di TikTok.

Angka tersebut lebih tinggi ketimbang durasi waktu yang dihabiskan setiap warganet untuk menonton video di YouTube, yakni selama 22 jam 40 menit setiap bulannya.

Hal serupa juga terjadi di Inggris pada Mei 2020 lalu. Bedanya, perbedaan durasi waktu yang dihabiskan setiap netizen Inggris di TikTok dan YouTube cenderung lebih besar.

Pada Mei 2020, dalam sebulan, pengguna internet di Inggris dilaporkan menonton hampir 26 jam konten di TikTok. Sementara itu, mereka hanya menghabiskan kurang dari 16 jam untuk menonton YouTube.

Perlu digarisbawahi, dalam riset ini App Annie menghitung durasi waktu pengguna Android, belum termasuk iOS.

App Annie menganggap, kesuksesan aplikasi garapan ByteDance ini didorong oleh format video pendek, konten otentik, dan siaran langsung yang disajikan di dalam platform. 

Tak heran, bila YouTube juga kemudian mengadopsi format video pendek pada platformnya, yakni dengan merilis fitur YouTube Shorts.

Baca juga: Durasi Video TikTok Akan Diperpanjang Jadi 5 Menit?

Laporan App Annie memperlihatkan bahwa warganet di sana lebih doyan menonton TikTok daripada YouTube. App Annie via The Verge Laporan App Annie memperlihatkan bahwa warganet di sana lebih doyan menonton TikTok daripada YouTube.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.