Microsoft Umumkan Investasi untuk Startup Perhotelan Oyo

Kompas.com - 10/09/2021, 19:02 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Microsoft resmi umumkan kerja sama strategis dengan startup perhotelan asal India, Oyo, selama beberapa tahun ke depan.

Presiden Microsoft India, Anant Maheshwari mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk membantu mengembangkan produk dan teknologi terbaru di ranah pariwisata dan perhotelan yang menjadi fokus bisnis Oyo.

"Teknologi cloud dari Microsoft dapat membantu Oyo untuk mengubah tantangan yang bakal muncul setelah pandemi, menjadi peluang untuk bisnisnya di masa depan," ujar Anant dalam sebuah pengumuman.

Baca juga: Microsoft Office Bisa Digunakan Gratis lewat Web, Begini Caranya

Melalui kerja sama ini, Oyo, serta para mitra pemilik hotel, akan mulai mengadopsi layanan cloud Microsoft Azure, Microsoft 365, dan Github Enterprise untuk membantu menjalankan kegiatan operasionalnya dengan lebih mudah, aman, dan efisien.

Selain itu, kehadiran Microsoft juga memungkinkan Oyo mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya melalui sejumlah ekosistem canggih berbasis machine learning (ML) dan artificial intelligence (AI) yang sudah mereka lakukan selama ini.

Nantinya, teknologi tersebut juga akan turut diadopsi oleh para pemilik hotel yang menjadi mitra Oyo, terutama mereka yang berada di daerah terpencil, memungkinkan operasional dan pemesanan hotel berjalan dengan mulus.

"Untuk para tamu kami, kerja sama ini akan menghasilkan pengalaman yang lebih baik, memungkinkan tamu memilih lebih banyak layanan yang akan dihadirkan Oyo di masa depan," ujar Global COO dan Chief Product Officer Oyo, Abhinav Sinha.

Baca juga: Survei Microsoft: Warganet Makin Tak Sopan Selama Pandemi

Smart Room akan menjadi salah satu produk kerja sama Microsoft dan Oyo. Dengan teknologi IoT dari Microsoft Azure, Smart Room memungkinkan pengguna mengatur layanan apa saja yang bisa mereka dapatkan di kamar hotel yang mereka pesan.

Selain itu Smart Room juga memungkinkan pengguna melakukan check-in dengan mudah dan meminta bantuan terkait pesanan hotelnya secara virtual, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari situs Microsoft, Jumat (10/9/2021).

Di samping kerja sama strategis, Microsoft juga mengumumkan pihaknya telah menanamkan investasi di Oyo dalam bentuk kepemilikan saham.

Tidak disebutkan berapa nilai investasi tersebut, namun bulan lalu, Microsoft sendiri sempat menyuntikkan dana ke Oyo senilai 5 juta dolar AS (sekitar Rp 71 miliar). Investasi tersebut meningkatkan valuasi startup ini ke angka 9,6 miliar dolar AS (sekitar Rp 136 triliun).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Microsoft


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.