BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Samsung

Mudah, Begini Cara Memindahkan Histori Percakapan WhatsApp dari Perangkat iOS ke Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3

Kompas.com - 13/09/2021, 20:40 WIB
Samsung Galaxy Z Fold3 DOK. SAMSUNGSamsung Galaxy Z Fold3

KOMPAS.com – Untuk pertama kalinya, Samsung menghadirkan fitur transfer riwayat percakapan pada aplikasi WhatsApp dari perangkat berbasis iOS ke Android pada Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3.

Dengan menghubungkan kedua perangkat menggunakan kabel USB-C to Lightning, histori percakapan WhatsApp dari platform iOS dapat dipindahkan ke Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 secara mudah.

Senior Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia Selvia Gofar mengatakan, pihaknya telah melengkapi Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 dengan aplikasi Smart Switch yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan data dari smartphone lamanya secara praktis.

“Fleksibilitas yang diberikan itu membuat Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 menjadi smartphone yang begitu komplet untuk menjadi daily driver baru bagi konsumen,” ujar Selvia dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Senin (13/9/2021).

Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pengguna sebelum bisa melakukan transfer data tersebut. Berikut informasi selengkapnya.

  1. Memakai aplikasi Samsung Smart Switch versi 3.7.22.1 atau yang lebih tinggi pada perangkat baru.
  2. Memakai aplikasi WhatsApp iOS versi 2.21.160.17 atau yang lebih tinggi pada perangkat lama.
  3. WhatsApp Android yang digunakan adalah versi 2.21.16.20 atau lebih tinggi pada perangkat baru.
  4. Menggunakan kabel USB-C to Lightning (atau adaptor yang setara).
  5. Menggunakan nomor telepon yang sama seperti yang digunakan pada perangkat lama.
  6. Perangkat Android harus baru dari pabrik atau dikembalikan ke setelan pabrik.

Samsung Galaxy Z Flip3DOK. SAMSUNG Samsung Galaxy Z Flip3

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, pengguna dapat memindahkan data aplikasi WhatsApp dan gambar dari smartphone lama ke Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, baik itu dari perangkat berbasis Android non-Samsung maupun iOS. Berikut langkah-langkah sederhana yang bisa pengguna lakukan.

  1. Aktifkan aplikasi Smart Switch di Galaxy Z Fold3 atau Z Flip3. Pastikan perangkat lama dan baru telah tersambung. Untuk perangkat Android non-Samsung, pengguna bisa menghubungkannya secara wireless atau dengan kabel USB. Untuk perangkat iOS, pengguna bisa menghubungkannya dengan kabel USB-C to Lightning.
  2. Masuk ke aplikasi WhatsApp pada Galaxy Z Fold3 atau Z Flip3.
  3. Pindai QR Code di aplikasi WhatsApp di Galaxy Z Fold3 atau Z Flip3 menggunakan perangkat lama.
  4. Konfirmasi untuk memulai pemindahan data pada perangkat lama.
  5. Ikuti prosesnya sampai selesai. Pastikan kedua perangkat tetap menyala selama pemindahan data berlangsung.
  6. Selesaikan pengalihan data dengan cek aplikasi WhatsApp di Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara memindahkan histori WhatsApp dari perangkat berbasis iOS ke Android, silakan kunjungi laman ini.

Selain dapat memindahkan histori percakapan di aplikasi WhatsApp, fitur Smart Switch pada Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 juga dapat membantu pengguna mentransfer data penting lain.DOK. SAMSUNG Selain dapat memindahkan histori percakapan di aplikasi WhatsApp, fitur Smart Switch pada Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 juga dapat membantu pengguna mentransfer data penting lain.

Transfer file lain

Selain dapat memindahkan histori percakapan di aplikasi WhatsApp, fitur Smart Switch pada Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 juga dapat membantu pengguna mentransfer data-data penting lain. Mulai dari kontak, notes, foto, video, dan bookmark di aplikasi browser saat berganti smartphone dari perangkat berbasis iOS, Windows, maupun sesama Android ke perangkat Samsung Galaxy juga dapat dipindahkan.

Kemudahan itu semakin lengkap karena aplikasi Smart Switch bisa didapatkan secara gratis.
Selvia mengatakan, selain memastikan data-data penting pengguna di smartphone lama tetap terjaga, Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 juga menawarkan pengalaman smartphone lipat terbaru yang andal.

“Hal itu Samsung wujudkan dengan menyempurnakan form factor dan software pada smartphone untuk kemampuan multitasking demi produktivitas yang lebih efisien. Pengguna juga bisa memaksimalkan kapabilitas dalam membuat konten untuk diunggah di media sosial dengan pembaruan tersebut,” ujar Selvia.

Sebagai informasi, Galaxy Z Fold3 dibanderol dengan harga Rp 24.999.000 untuk varian RAM 12 GB dan kapasitas penyimpanan 256 GB. Sementara, untuk varian RAM 12 GB dan kapasitas penyimpanan 512 GB, Galaxy Z Fold3 dibanderol dengan harga Rp 26.999.000. Adapun tiga pilihan warna untuk Galaxy Z Fold3 yang bisa dipilih, yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

Sementara itu, Galaxy Z Flip3 tersedia dalam pilihan warna Cream, Green, Lavender, serta Phantom Black dan bisa didapat dengan harga Rp 14.999.000 (8GB/128GB) dan Rp 15.999.000 (8GB/256GB).

Untuk informasi lebih lanjut tentang Samsung Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G, silakan kunjungi www.samsung.com/id/.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.