Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari iPhone ke Samsung Z Fold3 dan Z Flip3

Kompas.com - 13/09/2021, 17:08 WIB
Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3. Samsung IndonesiaSamsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3.

KOMPAS.com - WhatsApp baru-baru ini merilis fitur anyar yang memungkinkan pengguna mentransfer riwayat chat dari iPhone ke perangkat Android. Fitur tersebut pertama kali hadir di perangkat Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3. 

"Untuk pertama kalinya di smartphone Android, pengguna kini bisa memindahkan seluruh pengalaman WhatsApp, termasuk riwayat percakapan dan foto, dari iPhone lama ke ponsel Galaxy teranyar mereka," kata perwakilan Samsung dalam gelaran Galaxy Unpacked pada pertengahan Agustus lalu.

Fitur ini memungkinkan pengguna iPhone memindahkan atau transfer isi chat WhatsApp, termasuk teks, foto, video, dan lainnya ke ponsel Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 barunya, secara langsung tanpa aplikasi pihak ketiga.

Lantas bagaimana caranya?

Cara transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Samsung

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (13/9/2021), Samsung mengatakan, pengguna perlu menyiapkan beberapa hal sebelum memindahkan chat WhatsApp dari iPhone ke Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3.

Misalnya, pengguna perlu memasang aplikasi Smart Switch di ponsel Samsung barunya, menyiapkan kabel USB-C ke Lightning, serta menggunakan nomor telepon yang sama.

Baca juga: Di Indonesia, Samsung Galaxy Z Fold 3 Gratis Biaya Servis hingga Rp 27 Juta

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android sudah bisa dicoba di Indonesia, namun masih terbatas.Kompas.com/Reska K.Nistanto Fitur transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android sudah bisa dicoba di Indonesia, namun masih terbatas.
Bila sudah memenuhi persyaratan itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memindahkan chat WhatsApp dari iPhone ke Samsung Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman FAQ WhatsApp.

  • Pertama, download WhatsApp iOS versi 2.21.160.17 atau yang lebih baru pada perangkat iPhone. WhatsApp iOS versi terbaru dapat diunduh melalui App Store.
  • Selanjutnya, lakukan persiapan pada ponsel Samsung tujuan. Pastikan bahwa perangkat Samsung masih dalam kondisi baru dari pabrik, atau telah dikembalikan ke setelan pabrik (factory reset).
  • Pindahkan kartu SIM yang ada di perangkat iPhone lama Anda ke ponsel Samsung Galaxy Z Fold3 atau Z Flip3 baru Anda.
  • Lalu, di ponsel lipat Samsung, pasang aplikasi Samsung Smart Switch versi 3.7.22.1 yang dapat diunduh melalui tautan berikut.
  • Kemudian, pasang/perbarui aplikasi WhatsApp di ponsel Samsung ke versi 2.21.16.20 atau yang lebih baru.

Setelah semua persiapan selesai, pastikan kedua ponsel sudah dalam keadaan menyala. Lalu hubungkan perangkat iPhone ke ponsel Samsung menggunakan kabel adaptor USB-C ke Lightning.

Apabila muncul opsi aplikasi pada ponsel Samsung, silakan pilih aplikasi Smart Switch.

Pada perangkat iPhone akan muncul sebuah notifikasi baru. Pilih opsi "Trust" untuk menghubungkan perangkat iPhone dengan ponsel Samsung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.