Hashtag Instagram Sebaiknya Ditulis di Caption atau Kolom Komentar?

Kompas.com - 24/09/2021, 13:11 WIB
ilustrasi Instagram user businessinsider.comilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Di Instagram, hashtag alias tagar adalah kata atau kalimat bertanda pagar yang bisa diklik, dicari, dan diikuti oleh pengguna. Alhasil, konten dengan hashtag dapat lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain yang lebih luas.

Namun, selama ini, ada perdebatan dikalangan pengguna Instagram soal penempatan hashtag. Ketika mengunggah konten di Instagram, sebaiknya hashtag diletakkan di caption atau di kolom komentar?

Baca juga: Cara Menghapus Follower di Instagram Tanpa Ketahuan

Ilustrasi hashtag Instagram.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi hashtag Instagram.
Terkait hal itu, Instagram dengan tegas memastikan bahwa hashtag lebih baik dicantumkan pada caption, bukan pada kolom komentar.

Hal ini diungkap oleh kepala Instagram, Adam Mosseri, dalam sebuah posting di blog resmi Instagram yang menguraikan cara kerja sistem pencarian (Search) Instagram.

Di blog tersebut, Instagram membeberkan faktor-faktor yang membuat posting pengguna lebih berpotensi muncul di Search dan dilihat oleh lebih banyak pengguna, salah satunya adalah penulisan hashtag.

"Gunakan kata kunci dan hashtag yang relevan dalam caption. Agar postingan dapat ditemukan di Search, masukkan kata kunci dan tagar di caption, bukan di kolom komentar," tulis Mosseri, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (24/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Buka Instagram Bakal Ditanya Tanggal Ulang Tahun Dahulu, Ini Tujuannya

Dengan begitu, posting yang memuat hashtag yang relevan dan ditempatkan di bagian caption lebih berpotensi untuk muncul di Search Instagram.

Tidak dijelaskan sejauh mana hashtag yang diletakkan pada bagian caption lebih efektif ketimbang hashtag yang ditulis di kolom komentar.

Yang jelas, Instagram sendiri menyarankan pengguna untuk meletakkan hashtag pada bagian caption di sebuah posting Instagram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.