Fitur Video Pendek Reels Hadir di Facebook

Kompas.com - 30/09/2021, 10:08 WIB
Fitur Reels di Facebook Blog FacebookFitur Reels di Facebook

KOMPAS.com - Fitur video pendek Reels yang semula hanya bisa diakses di Instagram, kini juga tersedia di aplikasi Facebook untuk smartphone.Reels di Facebook untuk sementara waktu baru bisa dijajal pengguna Facebook di Amerika Serikat.

"Kami telah memberikan pengalaman video pendek yang menghibur untuk konten kreator di Instagram. Kini kami juga akan menghadirkan pengalaman tersebut ke lebih banyak konten kreator di aplikasi Facebook," tulis Facebook dalam sebuah posting blog.

Sama halnya dengan Instagram, pengguna Facebook bisa membuat konten video Reels yang diiringi dengan beragam musik, audio, efek, dan lainnya.

Caranya juga tidak jauh berbeda. Untuk membuat video Reels di Facebook, pengguna cukup meng-klik tombol "Create" (ikon kamera) yang berada di pojok kanan atas.

Baca juga: Instagram Reels Bisa Video 60 Detik, Makin Mirip TikTok

Pengguna bisa mengusap (swipe) layar ke atas untuk melihat konten video pendek selanjutnya yang dibuat pengguna lain, serta mengusap layar ke bawah untuk menyaksikan konten yang sudah dilihat sebelumnya.

Konten yang diunggah dapat dikomentari seperti video TikTok. Pengguna juga bisa memberikan like dan membagikan konten tersebut ke teman-teman. Penempatan tombol like, comment, dan share berada di sisi kanan video.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur Reels di Facebook muncul di halaman News Feed Section dan Group. Di News Feed, fitur Reels dapat dijumpai di bagian atas, yang diapit tombol "Stories" dan "Rooms".

Fitur Reels di FacebookBlog Facebook Fitur Reels di Facebook
Untuk mengundang lebih banyak audiens, nantinya pengguna Instagram juga bisa membagikan konten Reels mereka secara langsung ke Facebook. Namun, saat ini, Facebook mengatakan bahwa kemampuan itu masih dalam tahap uji coba.

Baca juga: Menjajal Instagram Reels, Apa Bedanya dengan TikTok?

Demi membantu para kreator konten dalam mendapat penghasilan, Facebook berencana akan menghadirkan program bonus The Reels Play dengan dana senilai 1 miliar dollar AS (Rp 14,3 triliun) untuk mereka hingga tahun 2022.

Dihimpun KompasTekno dari 9To5Mac, Kamis (30/9/2021), program berupa bonus itu akan berlaku untuk konten kreator Facebook maupun Instagram.

Sebagai tahap awal, bonus The Reels Play akan ditawarkan melalui jalur undangan bagi pengguna Facebook di Amerika Serikat. Program bonus tersebut rencananya juga akan dirilis untuk seluruh pengguna Facebook secara global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.