Pasar Smartphone Indonesia Membaik, Tumbuh 28 Persen

Kompas.com - 30/09/2021, 11:28 WIB
Suasana ITC Roxy Mas, salah satu pusat belanja ponsel terbesar di Jakarta. Kompas.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiSuasana ITC Roxy Mas, salah satu pusat belanja ponsel terbesar di Jakarta.

KOMPAS.com - Angin segar untuk pasar smartphone di Indonesia. Firma riset Counterpoint Research menyebut pasar smartphone di Tanah Air mengalami pertumbuhan pada kuartal II-2021.

Berdasarkan laporan Monthly Indonesia Channel Share Tracker Counterpoint Research, pasar Indonesia tumbuh sebesar 28 persen secara year over year (YoY) dan tumbuh 22 persen dari kuartal sebelumnya.

Kondisi ini berbeda dari tahun lalu, di mana penjualan smartphone di Indonesia turun 20 persen pada kuartal II-2020 dan turun 9 persen dari kuartal I-2020. Saat itu, Indonesia masih beradaptasi dengan normal baru akibat pandemi Covid-19.

Pertumbuhan ini juga didorong oleh momen lebaran Idul Fitri Mei lalu dan peluncuran beberapa smartphone anyar.

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia Kuartal-II 2021

"Pertumbuhan yang kuat pada kuartal II-2021 didorong oleh pulihnya permintaan konsumen, permintaan yang tertahan, dan perayaan Idul Fitri, dikombinasikan dengan adopsi smartphone yang cepat," jelas analis Counterpoint, Paula Ruth.

Ruth juga mencatat adanya pertumbuhan di kanal daring. Menurut data Counterpoint Research, penjualan smartphone lewat jalur online kini mencapai 19 persen dari total jalur penjualan smartphone di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Angka itu sedikit lebih tinggi dibanding sebelum masa pandemi yang hanya mencapai 13 persen pada kuartal I-2020.

Segmen 5G tumbuh

Counterpoint juga melihat adanya pertumbuhan di segmen smartphone 5G di Indonesia.

Seperti diberitakan sebelumnya, layanan 5G resmi bergulir secara komersil oleh Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata beberapa waktu lalu.

Beberapa smartphone yang mendukung layanan 5G juga kompatibel dengan pita frekuensi 5G yang digunakan operator-operator tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.