Hasil Pencarian Google Search Tampilkan Lebih Banyak Foto

Kompas.com - 01/10/2021, 06:39 WIB
Ilustrasi mesin pencarian Google. SHUTTERSTOCKIlustrasi mesin pencarian Google.

KOMPAS.com - Pekan ini, Google merilis update untuk layanan mesin pencarinya, Search, dengan membawa sejumlah fitur dan tampilan baru di dalamnya.

Google Search kini dirombak dengan desain gaya baru yang menampilkan lebih banyak konten visual seperti foto dan video.

Menurut Google, tampilan baru ini disebut akan mempermudah pengguna dalam menemukan informasi atau hal-hal lain yang ingin mereka cari.

Baca juga: Google Search Desktop Punya Mode Gelap, Begini Cara Mengaktifkannya

Misalnya ketika mengetik kata kunci "Salmon Mentai" di kolom search, Google pun kemudian akan menampilkan hasil pencarian yang didominasi oleh gambar dan video dari makanan tersebut.

Tampilan baru Google SearchBlog Google Tampilan baru Google Search

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di halaman utama, juga akan muncul section "Images" dari gambar yang ingin dicari. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot meng-klik tab "Images" jika ingin menelusuri gambar dari kata kunci tersebut.

Google juga berencana akan menampilkan section "Things to Know". Selain itu, Google juga akan mengoptimalkan fitur berupa halaman khusus bernama "About this Search", untuk mempermudah pengguna mengevaluasi sumber informasi dari situs yang mereka cari.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi di Google Search

Kemudian, ada pula section "About the Topic" yang akan menampilkan hasil pencarian dari sumber lain dengan konteks yang relevan.

Tampilan baru Google SearchBlog Google Tampilan baru Google Search

Tak hanya layanan Search, Google juga menghadirkan kemampuan baru untuk aplikasi kamera pintar Google Lens.

Google Lens sendiri adalah tools berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) computer vision yang mampu menganalisis foto, mengenali obyek di dalamnya, dan mengambil informasi dari objek yang dibidik.

Fitur baru Google LensBlog Google Fitur baru Google Lens

Pengguna Google Lens kini bisa menelusuri produk terkait dari hasil bidikan foto yang sudah diambil. Misalnya, setelah pengguna memotret kemeja bermotif bunga.

Mereka lantas bisa mencari produk lain yang relevan, seperti kaos kaki dengan motif yang sama.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Central, Jumat (1/10/2021), fitur dan section baru di Google Search ini sementara baru akan tersedia bagi pengguna yang berada di wilayah Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.