WhatsApp dan Facebook Down, Twitter dan Jack Dorsey Nyinyir

Kompas.com - 05/10/2021, 04:16 WIB
Ilustrasi Twitter User bbc.comIlustrasi Twitter User

KOMPAS.com - Facebook, Instagram, WhatsApp, Facebook Messenger, alias semua platform milik Facebook Inc., down selama beberapa jam sejak Selasa (5/10/2021) dini hari ini di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Menanggapi fenomena Facebook, Instagram, dan WhatsApp down ini, Twitter yang layanannya normal melontarkan sindiran.

Baca juga: Layanan Down, Facebook, Instagram, dan WhatsApp Minta Maaf lewat Twitter

"Halo semuanya, benar-benar semuanya," tulis @Twitter.

Kicauan itu Twitter itu jelas merujuk pada fakta bahwa pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp berbondong-bondong beralih ke platform Twitter, sedangkan layanan milik Facebook, Instagram, dan WhatsApp down.

#FacebookDown, #InstagramDown, dan tagar dan kata kunci lainnya yang terkait dengan tumbangnya layanan Facebook menjadi tren di Twitter selama berjam-jam hingga sekarang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak mau ketinggalan, CEO dan pendiri Twitter, Jack Dorsey, juga mengolok-olok Facebook yang layanannya down.

Baca juga: Facebook, Instagram, WhatsApp Down di Berbagai Negara Malam Ini

Membalas cuitan yang menyertakan screenshot situs Who.is yang menyebut DNS Facebook dijual, Dorsey membalas, "Berapa harganya?"

Akun Twitter resmi WhatsApp membalas kicauan handle @Twitter, dan Dorsey pun menjawabnya dengan menyinggung masalah enkripsi aplikasi perpesanan milik Facebook itu.

Tak hanya Twitter, platform media sosial lain juga tampak memanfaatkan kemalangan Facebook down.

Aplikasi Signal misalnya, platform perpesanan online yang menawarkan enkripsi ujung ke ujung itu lewat akun Twitter-nya mengumumkan pendaftaran masih dibuka.

Diprediksi, platform seperti TikTok, YouTube, Discord, dan Telegram akan mengalami lonjakan trafik akibat Facebook, Instagram, dan WhatsApp down ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link ini https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda terlebih dahulu harus install aplikasi Telegram di ponsel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.