7 Hal Baru di Windows 11, Tampilan Lebih Segar hingga Kinerja Lebih Tinggi

Kompas.com - 05/10/2021, 21:01 WIB
Ilustrasi Windows 11. Windows ReportIlustrasi Windows 11.

KOMPAS.com - Microsoft akhirnya resmi menggelontorkan sistem operasi Windows 11 mulai hari ini, Selasa (5/10/2021). Windows 11 sebelumnya resmi diperkenalkan pada Juni lalu.

Windows 11 menjadi penerus Windows 10 yang sudah berkiprah selama enam tahun sejak 2015. Windows 11 dapat diunduh secara gratis untuk para pemilik lisensi resmi Windows 10. 

Windows 11 dibekali dengan sejumlah fitur baru, seperti desain antarmuka yang lebih segar, aneka widget, hingga kemampuan menjalankan aplikasi Android tanpa emulator.

Baca juga: Windows 11 Tersedia Mulai Hari Ini dan Gratis, Begini Cara Download-nya

Berikut ini deretan fitur anyar di Windows 11, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari IGN South East Asia, Selasa (5/10/2021).

1. Antarmuka baru, mirip macOS

Jendela tugas yang sudutnya sedikit lebih membulat, tidak lagi tajam seperti di versi Windows sebelumnya.GSM Arena Jendela tugas yang sudutnya sedikit lebih membulat, tidak lagi tajam seperti di versi Windows sebelumnya.
Perubahan yang paling mencolok dari Windows 11 dapat dilihat dari tampilan antarmukanya.

Di Windows 11 ini, Microsoft memindahkan letak icon bagian taskbar dan menu Start. Menu-menu itu tidak lagi ada kiri, melainkan sudah digeser ke sisi tengah seperti di dock macOS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sisi kiri pun terlihat bersih. Di sebelah kanan masih ada ikon yang akan menampilkan keterangan seperti jam, koneksi wireless, dan status baterai.

Windows 11 juga menampilkan visual yang lebih lembut dengan sudut ikon yang membulat, jendela yang memiliki efek transparan serta transisi animasi yang lebih halus.

Baca juga: Antarmuka Baru Windows 11 Bisa Dijajal lewat Browser, Begini Caranya

Menurut Microsoft, antarmuka baru Windows 11 dirancang untuk mempermudah akses pengguna, terutama yang memiliki monitor berukuran besar.

2. Widget informatif

Tampilan menu Start Windows 11.Baidu Tampilan menu Start Windows 11.
Microsoft turut menghadirkan fitur widget yang mencakup rangkaian aplikasi informatif, seperti kalender, prediksi cuaca, hingga peta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.