Internet Telkomsel Tidak Bermasalah Saat Facebook, WA, IG Down

Kompas.com - 05/10/2021, 12:28 WIB
Ilustrasi Facebook, Instagram, WhatsApp businessinsider.comIlustrasi Facebook, Instagram, WhatsApp

KOMPAS.com - Sejak Senin (4/10/2021) malam, layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook sempat tidak bisa diakses oleh sejumlah penggunanya di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Gangguan tersebut terjadi sekitar pukul 22:00 WIB. Namun, ketiga layanan yang bernaung di bawah Facebook Inc. itu sudah mulai berangsur pulih pada Selasa (5/10/2021) pagi pukul 05:30 WIB.

Di media sosial Twitter, gangguan ini sempat menimbulkan pertanyaan warganet, apakah masalah itu disebabkan oleh koneksi internet mereka, atau masalah dari aplikasi itu sendiri.

Baca juga: Pakar Ungkap Penyebab Facebook, Instagram, WhatsApp Error Hari Ini

Alhasil, sejumlah pelanggan yang mengira layanan operator seluler mereka yang bermasalah, melaporkannya ke situs Downdetector. Padahal, kendala ada di sisi penyedia aplikasi.

Menanggapi kondisi yang terjadi beberapa jam yang lalu, operator seluler Telkomsel mengklaim bahwa jaringannya tetap normal dan berjalan seperti biasanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sehubungan dengan informasi mengenai adanya gangguan massal layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram, dapat diinformasikan bahwa layanan Telkomsel secara keseluruhan tetap berjalan normal dan dapat digunakan untuk berbagai akses layanan digital lainnya," jelas Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel saat dihubungi KompasTekno, Selasa (5/10/2021).

Lebih lanjut, Denny juga mengucapkan rasa terima kasih kepada pelanggan yang terus menggunakan layanan Telkomsel hinnga kini.

Baca juga: Layanan Down, Facebook, Instagram, dan WhatsApp Minta Maaf lewat Twitter

"Terima kasih kepada para pelanggan yang selalu setia dalam menggunakan layanan Telkomsel," pungkas Denny.

Whatsapp, Instagram, dan Facebook tumbang 8 jam

Sebelumnya, Whatsapp, Instagram, dan Facebook dilaporkan down di sejumlah negara. Di Indonesia, gangguan ini terjadi sejak Senin (4/10/2021) malam.

Berdasarkan halaman DownDetector, ketiga layanan ini tumbang dalam waktu yang hampir bersamaan yakni sekitar pukul 22.00 WIB.

Namun, Selasa (5/10/2021) pagi ini, layanan WhatsApp sudah berangsur pulih sekitar pukul 05.30 WIB. Dengan demikian, WhatsApp error berlangsung kurang lebih sekitar delapan jam.

Dari pantauan tim KompasTekno di media sosial Twitter, sebagian besar pengguna WhatsApp di Indonesia kini mengaku sudah bisa mengakses aplikasi WhatsApp untuk menerima dan mengirim pesan seperti biasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.