Fitur Voice Note WhatsApp Bakal Punya Tombol Play dan Pause

Kompas.com - 14/10/2021, 07:30 WIB
ilustrasi aplikasi WhatsApp businessinsider.comilustrasi aplikasi WhatsApp

KOMPAS.com - Pesan suara alias voice note merupakan salah satu fitur WhatsApp yang membuat komunikasi menjadi lebih mudah. Fitur ini berguna untuk mempercepat respons tanpa perlu repot mengetik teks secara manual.

Apabila ingin mengirim voice note, pengguna WhatsApp harus menahan ikon mikrofon selama perekaman berlangsung, tanpa bisa melakukan jeda untuk kemudian melanjutkan rekaman pesan suara tersebut.

Namun, tak lama lagi, pengguna WhatsApp kemungkinan bakal bisa menjeda perekaman dan mendengarkan isi voice note tersebut (preview), sebelum pesan suara itu dikirim.

Kabar ini terendus oleh WABetaInfo, yang kerap memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, sebelum resmi meluncur.

Berdasarkan penelusuran WABetaInfo, ada serangkaian kode API WhatsApp beta versi 2.21.21.6 (Android) dan iOS yang mengindikasikan bahwa WhatsApp tengah mempersiapkan fitur bernama Pause Voice Recordings untuk memutar dan menjeda perekaman sebelum mengirim pesan suara.

Dalam video berdurasi sekitar 19 detik, WABetaInfo memperlihatkan cara kerja fitur Pause Voice Recordings tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup menekan tombol perekaman suara di samping kanan (ikon mikrofon hijau) kolom chat, lalu geser ke atas (swipe) untuk mengunci mikrofon.

WhatsApp pun akan mengunci perekaman, sehingga pengguna dapat merekam suara tanpa perlu menahan tombol mikrofon.

Jika sudah selesai merekam, pengguna akan melihat tombol "Play" untuk memutar isi pesan suara tadi (preview) dan "Pause" untuk menjeda perekaman.

Apabila dirasa masih kurang, pengguna WhatsApp bisa mengulang atau melanjutkan perekaman, sebelum pesan suara itu dikirim.

Baca juga: Cara Transfer Isi Percakapan WhatsApp dari iPhone ke Android

Selama ini, pengguna WhatsApp harus menekan dan menahan tombol mikrofon dengan jari untuk melakukan perekaman. Proses perekaman suara hanya akan terus berjalan selagi jari masih berada di tombol, sehingga tidak bisa lepas tangan.

Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir apabila melakukan kesalahan pengucapan kalimat, atau kata-kata yang ingin dikirim melalui voice note.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Kamis (14/10/2021), WhatsApp hingga kini belum memastikan kapan fitur ini akan diluncurkan secara resmi kepada publik.

Baca juga: Cara Membuat WhatsApp Web Blur, Tidak Bisa Diintip

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.