Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Playoff MPL ID Season 8 Digelar Offline, Pakai Sistem Pertandingan Baru

Kompas.com - 15/10/2021, 19:15 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber MPL ID

KOMPAS.com - Babak liga (Regular Season) kompetisi e-sports Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID) Season 8, rampung digelar pada 3 Oktober lalu. Di babak tersebut, Onic Esports keluar sebagai jawara dengan total agregat poin 13.

Berbeda dengan tahun lalu, babak penyisihan (playoff) yang akan berlangsung pada 21-24 Oktober mendatang bakal digelar secara offline di Bali.

Hal itu disampaikan akun resmi Instagram MPL Indonesia dengan handle @mpl.id.official dalam sebuah postingan. Menurut pihak penyelenggara, acara tersebut akan digelar dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Belum diketahui venue apa yang bakal digunakan untuk ajang playoff tersebut. Yang jelas, babak penyisihan nanti disebut akan berbeda dengan babak penyisihan di MPL ID musim-musim sebelumnya.

Baca juga: Update 1.6.18 Rombak Tampilan Mobile Legends, Begini Penampakannya

Sistem pertandingan berbeda

Peta Indonesia yang menunjukkan babak playoff MPL ID Season 8 akan digelar di Bali.MPL Indonesia Peta Indonesia yang menunjukkan babak playoff MPL ID Season 8 akan digelar di Bali.
Berdasarkan postingan Instagram MPL Indonesia, babak playoff yang bakal digelar selama empat hari bakal menggunakan sistem pertandingan lima ronde terbaik alias "Best of 5" (BO5) untuk pertandingan reguler.

Sementara untuk laga Grand Final, sistem pertandingan yang bakal diusung adalah tujuh ronde terbaik atau "Best of 7" (BO7).

Aturan ini berbeda dengan babak playoff di musim-musim sebelumnya. Seperti di musim ketujuh yang digelar tahun lalu, sistem pertandingan yang dipakai adalah "Best of 3" (BO3) untuk pertandingan reguler, dan "Best of 5" (BO5) untuk pertandingan Grand Final.

Dengan sistem pertandingan "Best of", sebuah tim dinyatakan memenangkan pertandingan apabila mereka berhasil merebut jumlah ronde yang lebih banyak daripada lawan. 

Dalam BO3 misalnya, sebuah tim dikatakan menang atas tim lawan apabila skornya 2-0 atau 2-1.

Baca juga: Cara Top Up Diamond Mobile Legends

Dengan begitu, pemain yang berlaga di babak playoff MPL ID Season 8 agaknya harus menyiapkan mental dan tubuhnya supaya tetap kuat untuk bertanding tanpa letih untuk mendapatkan kemenangan.

Jadwal babak playoff MPL ID Season 8

Sistem pertandingan dengan format baru untuk babak playoff MPL ID Season 8.MPL Indonesia Sistem pertandingan dengan format baru untuk babak playoff MPL ID Season 8.
Seperti yang telah disebutkan di atas, babak penyisihan untuk MPL ID Season 8 sendiri akan berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 21-24 Oktober mendatang.

Pertandingan pertama pada 21 Oktober sendiri akan dimulai dengan laga lower bracket antara Alter Ego (AE) melawan Bigetron Alpha (BTR) pada pukul 12.45 WIB, dilanjutkan dengan laga kedua antara Evos Legends (EVOS) melawan Aura Fire (AURA) pada pukul 17.30 WIB.

Pemenang di laga pertama lantas akan disambut dengan RRQ Hoshi (RRQ), sedangkan pemenang dari laga kedua akan dijamu oleh Onic Esports (ONIC). Kedua pertandingan ini akan berlangsung pada 22 Oktober pukul 12.45 WIB dan 17.30 WIB.

Selengkapnya, berikut ini jadwal pertandingan MPL ID Season 8 babak playoff yang bakal dimulai pada 21 Oktober nanti, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari situs web resmi MPL Indonesia, Jumat (15/10/2021).

Untuk menyaksikan pertandingan-pertandingan di kompetisi berhadiah lebih dari 300.000 dolar AS (sekitar Rp 4,2 miliar) ini, penggemar bisa mengunjungi akun resmi MPL Indonesia di Facebook, YouTube, atau NimoTV.

Baca juga: Developer Indonesia Rilis Game Android Bertema Kesehatan Mental

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber MPL ID
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com