Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android 12 Resmi Dirilis, Ini Daftar Ponsel yang Pertama Kebagian

Kompas.com - 20/10/2021, 13:07 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah meluncur dalam beberapa versi developer previews dan beta, versi akhir (stable) dari sistem operasi (OS) Android 12 akhirnya resmi dirilis ke pengguna umum mulai 19 Oktober 2021.

Meski demikian, perangkat yang akan mendapatkan OS suksesor dari Android 11 ini masih terbatas pada smartphone Pixel bikinan Google saja. Daftarnya sebagai berikut:

  • Pixel 3
  • Pixel 3 XL
  • Pixel 3a
  • Pixel 3a XL
  • Pixel 4
  • Pixel 4 XL
  • Pixel 4a
  • Pixel 4a 5G
  • Pixel 5
  • Pixel 5a

Adapun Pixel 6 dan 6 Pro , yang baru saja diluncurkan Google Rabu (20/10/2021) dini hari tadi, sudah menjalankan OS Android 12 secara pre-installed.

Baca juga: Google Luncurkan Smartphone Pixel 6 dan Pixel 6 Pro

Bagi pengguna ponsel Pixel yang disebutkan di atas, pembaruan Android 12 yang memiliki besar file 1,5 GB ini bisa dilakukan secara over-the-air (OTA) dengan mengakses menu "Settings" > "System" > dan "System Update".

Google mengklaim pembaruan Android 12 versi stable bakal menyambangi sejumlah ponsel Android lainnya dari berbagai vendor smartphone setidaknya sebelum tahun 2022 mendatang.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidAuthority, Rabu (20/10/2021), beberapa merek ponsel yang bakal mendapatkan pembaruan Android 12 adalah Samsung, OnePlus, Oppo, Realme, Tecno, Vivo, dan Xiaomi.

Baca juga: Daftar HP yang Dapat Android 12 Duluan, Ada Oppo, Realme, Xiaomi

Pembaruan OS Android 12 membawa sejumlah fitur baru dan beberapa peningkatan, khususnya di bagian desain yang kini tampil lebih segar dan sederhana. Google menyebut bahasa desain baru di Android 12 sebagai "Material You".

Selain desain tampilan, Google turut meningkatkan kinerja Android 12 menjadi lebih responsif dan irit daya.

Sistem operasi Android teranyar ini diklaim mampu mengurangi beban kerja prosesor (CPU) hingga 22 persen, serta menghemat penggunaan server sistem hingga 15 persen.

Di Android 12, Google juga menyematkan sejumlah fitur privasi baru ke dalam aplikasi untuk memberi pengguna lebih banyak transparansi dan kontrol terhadap data pribadi mereka, salah satunya melalui fitur Privacy Dashboard.
Baca juga: Material You, Bahasa Desain Baru di Android 12

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com