Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Tahun Windows XP dan Kenangannya, dari Suara hingga "Serial Number" Bajakan

Kompas.com - 26/10/2021, 20:39 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua dekade lalu, pada 25 Oktober 2001, Windows XP resmi dirilis. Sistem operasi PC ini dirancang sebagai penerus Windows 2000 untuk pengguna profesional dan Windows Me untuk pengguna rumahan sekaligus.

Sesuai namanya yang merupakan kependekan dari kata "Experience", Windows XP menghadirkan pengalaman baru lewat tampilan visual  yang lebih segar dan modern dari versi OS sebelumnya, Tema visual (visual style) utamanya yang penuh warna disebut sebagai "Luna".

Microsoft akhirnya memensiunkan Windows XP alias menghentikan dukungannya pada 2014, belasan tahun setelah pertama dirilis. Meski demikian, Windows XP saat ini ternyata masih digunakan oleh sebagian kecil pemilik PC Windows.

Baca juga: Windows XP Ulang Tahun Ke-20, Masih Ada yang Pakai?

Suara masih terngiang di kepala

Kiprah Windows XP yang terbilang sangat lama untuk ukuran sistem operasi komputer meninggalkan banyak kenangan bagi para penggunanya, terutama mereka yang aktif memakai PC di era 2000-an.

Seorang mantan pengguna Windows XP bernama Andri, misalnya mengaku bahwa efek-efek suara khas dari OS tersebut masih terngiang di kepala hingga saat ini.

"Saya masih ingat betul bagaimana suara unik yang dihasilkan Windows XP ketika komputer menyala dan dimatikan, dan efek suara ketika komputer menampilkan jendela error," tutur Andri kepada KompasTekno, Selasa (26/10/2021).

Berbagai ilustrasi jendela error dan elemen visual lainnya di Windows XP.Knowyourmeme.com Berbagai ilustrasi jendela error dan elemen visual lainnya di Windows XP.

Efek suara Windows XP sendiri bisa dibilang merupakan salah satu kenangan yang banyak diingat oleh penggunanya. Ini tercermin dari situs web yang biasa mencatat dan mengumpulkan informasi terkait lelucon di dunia maya, knowyourmeme.com.

Website tersebut mencantumkan kumpulan meme yang menggunakan efek suara Windows XP dengan nama "Windows XP System Sound Remixes".

Di samping suara, karakter yang biasa ditampilkan di Windows XP untuk membantu pengguna memakai komputer dengan lancar, atau menyelesaikan masalah yang timbul, juga diakui Andri sebagai hal yang tak bisa dilupakan.

Baca juga: Update untuk Mengatasi AMD Ryzen yang Lambat di Windows 11 Sudah Bisa Diunduh

"Kehadiran beberapa karakter animasi 3D di Windows XP, seperti karakter anjing hingga penyihir, membuat pengalaman memakai OS tersebut akan selalu tersimpan di ingatan," ujarnya.

Terkesan dengan tampilan dan foto ikonik

Pengguna lainnya bernama Okin justru menjadikan tampilan Windows XP sebagai salah satu kenangan manis dari OS tersebut.

"Yang paling saya ingat adalah bagaimana saya begitu terkesan dengan tampilan Windows XP yang benar-benar baru pada saat itu," kata Okin kepada KompasTekno.

Ia terkesan lantaran Microsoft memang benar-benar merombak desain OS teranyar itu menjadi lebih berwarna dan modern dibanding OS Windows versi sebelumnya, seperti tombol "Start" yang berubah menjadi hijau, serta taskbar yang dibalut dengan warna biru.

"Tampilan visual yang kala itu disebut 'Luna' berbeda dari gaya visual blok abu-abu yang membosankan (di Windows 95/98), atau perpaduan kuning dan abu-abu dari versi OS Windows sebelumnya," imbuh Okin.

Ilustrasi. Ilustrasi.

Hal serupa juga dikatakan pengguna lain bernama Dafa. Menurut dia, hal yang paling berkesan dari Windows XP adalah foto wallpaper bawaan yang menampilkan hamparan padang rumput di bukit dengan awan putih di langit biru.

Baca juga: Cerita Wallpaper Windows XP dan Penyesalan Fotografer

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com