Kompas.com - 02/11/2021, 11:02 WIB
Ratu Belanda Maxima Zorreguieta Cerruti memuji Gojek ketika melakukan pidato di KTT G20  yang berlangsung di Roma, Italia. Ratu Belanda Maxima Zorreguieta Cerruti memuji Gojek ketika melakukan pidato di KTT G20 yang berlangsung di Roma, Italia.

KOMPAS.com - Ada hal menarik yang terjadi saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diselenggarakan di Roma, Italia, baru-baru ini.

Ratu Belanda, Maxima Zorreguieta Cerruti kedapatan memuji startup Indonesia, Gojek saat ia menyampaikan pidato, dalam kapasitasnya sebagai Advokat Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Keuangan Inklusif untuk Pembangunan (UNSGSA).

Maxima menyebut Gojek adalah salah satu contoh bisnis inspiratif yang mampu memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui transformasi digital.

Baca juga: Riset: Gojek Sumbang Rp 249 Triliun untuk Ekonomi Indonesia 2020

"Salah satu dari banyak contoh inspiratif yang saya lihat adalah di Indonesia. Namanya Gojek," kata Maxima, dikutip KompasTekno dari laman resmi UNSGA, Selasa (2/11/2021).

Maxima mengatakan, Gojek sebagai perusahaan ride-hailing berbasis aplikasi mampu menggunakan ekosistem digitalnya untuk membantu UMKM melakukan digitalisasi dalam aspek manajemen inventaris, pemasaran, pembayaran, kredit, dan penjualan.

Meski tak bisa digeneralisasikan, digitalisasi ini menjadi tantangan tersendiri bagi UMKM.
"(Sebab) UMKM tertinggal dalam adopsi teknologi digital. Hal ini mengakibatkan hilangnya peluang," kata Maxima.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Interaksi mitra pengemudi Gojek dengan mitra restoran GoFood.Dok Humas Gojek Interaksi mitra pengemudi Gojek dengan mitra restoran GoFood.
Baca juga: Mengenal GoTo, Payung Besar Penaung Gojek dan Tokopedia

Namun, Gojek menjadi salah satu perusahaan yang mampu membantu mengangkat eksistensi UMKM dengan ekosistem digitalnya.

Dalam acara daring terpisah saat perayaan ulang tahun ke-11 pekan lalu, CEO Gojek, Kevin Aluwi sendiri melaporkan bahwa perusahaan sudah memiliki 2 juta mitra pengemudi dan 1 juta mitra usaha per 2021 ini.

Sementara GoFood diklaim Kevin memiliki 1 juta mitra usaha, di mana 99 persen di antaranya adalah UMKM.

"Rata-rata penghasilan mereka setelah bergabung GoFood sejak pandemi meningkat hingga 7 kali lipat," klaim Kevin.

Halaman:


Sumber UNSGSA
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.