Kompas.com - 16/11/2021, 09:05 WIB
Ilustrasi sistem operasi Android 12 CNETIlustrasi sistem operasi Android 12

KOMPAS.com - Samsung mulai menggelontorkan sistem operasi Android 12 untuk smartphone Galaxy S21, Galaxy S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra. Sistem operasi bernama Snow Cone ini hadir melalui pembaruan software antarmuka terbaru khas Samsung, yakni One UI 4.

Selain merilis Android 12 untuk Galaxy S21 series, Samsung juga memberi pembaruan software untuk jajaran smartwatch seperti Galaxy Watch, Galaxy Watch Active, Galaxy Watch Active 2, dan Galaxy Watch 3.

Ke depannya, Samsung berjanji untuk membawa Android 12 ke beberapa perangkat lainnya, seperti Galaxy S20 series, S10 series, Galaxy Note 20 series, Note 10 series, Galaxy A, hingga Galaxy Tab S7 series, setidaknya hingga beberapa bulan mendatang.

"Kami berkomitmen untuk memberikan akses pengalaman penggunaan smartphone terbaik sesegera mungkin kepada semua pengguna," ungkap Janghyun Yoon, Executive Vice President and Head of Software Platform Team at Mobile Communications Business, Samsung Electronics, dikutip KompasTekno dari Gadgets360, Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Android 12 Resmi Dirilis, Ini Daftar Ponsel yang Pertama Kebagian

Kehadiran Android 12 membawa sejumlah peningkatan dan atribut baru, salah satunya seperti bahasa desain antarmuka (UI) bernama Material You.

Material You sendiri merupakan versi pengembangan terbaru dari bahasa desain Material Design yang sudah diperkenalkan Google sejak perilisan Android 5.0 Lollipop dan terus dikembangkan dari tahun ke tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada pula fitur privasi baru Privacy Dashboard yang diklaim mampu memberikan pengguna lebih banyak transparansi dan kontrol terhadap data pribadi mereka.

Sementara itu, One UI turut membawa perombakan visual secara besar-besaran. Beberapa di antaranya ditandai dengan kehadiran Widget baru serta stiker dan GIF tambahan yang bisa diakses melalui Samsung Keyboard.

Baca juga: Material You, Bahasa Desain Baru di Android 12

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Guide, pengguna Galaxy S21 series yang ingin mengunduh One UI 4 disarankan untuk mengecek pembaruan software melalui menu "Settings" > "System".

Apabila pembaruan tersebut sudah tersedia, pengguna bisa menekan tombol "Download and Install" untuk segera mengunduh dan memasang pembaruan software antarmuka One UI 4.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.