Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A03 Lolos TKDN di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Kompas.com - 28/11/2021, 11:01 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung baru saja merilis ponsel entry-level terbarunya, Galaxy A03 secara global. Ponsel ini dibekali kamera 48 MP dan baterai 5.000 mAh.

Galaxy A03, kemungkinan juga akan segera hadir di Indonesia. Indikasinya berasal dari laman sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN ) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Di situs tersebut, muncul sertifikat sebuah perangkat dengan kode nomor SM-A035F.

Sertifikat bernomor 11061/SJ-IND.8/TKDN/11/2021 tersebut terbit pada tanggal 26 November 2021. Perangkat tersebut mendapat nilai TKDN sebesar 37,30 persen.

Setelah ditelusuri, banyak sumber menyebut SM-A035F adalah kode nomor untuk Galaxy A03.
Kode yang sama juga diketahui telah muncul di situs sertifikasi Bluetooth SIG sebelum ponsel tersebut diluncurkan, dirangkum KompasTekno dari laman My Smart Price.

Baca juga: Samsung Galaxy A03 Meluncur, Bawa Kamera 48 MP dan Baterai 5.000 mAh

Belum diketahui kapan Samsung akan memboyong Galaxy A03 ke Indonesia. Samsung sendiri belum mengungkap ke negara mana saja Galaxy A03 akan dijual. Bahkan, harga perangkat ini pun masih misterius.

Namun, dilihat dari generasi sebelumnya, Galaxy A03 yang masuk segmen entry-level biasanya akan dibanderol dengan harga murah. Sebagai gambaran, Galaxy A02 dijual seharga Rp 1,5 juta.

"Suadara" Galaxy A03, yakni Galaxy A03s, sudah lebih dulu dirilis ke Indonesia bulan September lalu, setelah dirilis secara global bulan Agustus lalu dan masuk Indonesia satu bulan kemudian dengan harga Rp 1,8 juta.

Spesifikasi Galaxy A03

Ponsel ini memiliki dimensi bodi 164,2 x 75,9 x 9,1 mm. Galaxy A03 dibekali layar berbentang 6,5 inci beresolusi HD Plus.

Layarnya mengusung desain Infinity-V atau lubang kamera serupa huruf "V" yang digunakan sebagai rumah kamera selfie beresolusi 5 MP.

Di bagian belakang terdapat dua kamera yang terdiri dari kamera utama 48 MP dan depth sensor 2 MP.

Baca juga: Samsung Galaxy A03 Core Meluncur, Harga Rp 1 Jutaan

Dibanding dengan pendahulunya, sektor kamera mendapatkan sedikit upgrade. Galaxy A02 dibekali kamera utama 13 MP dan kamera makro 2 MP, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Minggu (28/11/2021).

Di sektor hardware, ponsel entry-level ini ditenagai prosesor octa-core (2x1,6 GHz + 6x1,6 GHz) yang tidak disebutkan namanya. Ada tiga opsi konfigurasi memori yang tersedia, yakni kombinasi RAM dan memori internal 3 GB/ 32 GB, 4 GB/64 GB, dan 4 GB/128 GB.

Tidak disebutkan versi Android apa yang dijalankan ponsel ini. Galaxy A03 dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh. Ponsel ini turut dilengkapi dengan Dolby Atmos untuk sektor audio.
Ada tiga warna yang tersedia yakni hitam, biru, dan merah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com