Bocoran Benchmark Calon Chip Snapdragon Teratas, Berapa Skornya?

Kompas.com - 27/11/2021, 15:14 WIB
Ilustrasi chipset Snapdragon GSMArenaIlustrasi chipset Snapdragon

KOMPAS.com - Qualcomm diprediksi bakal meluncurkan system-on-chip (SoC) Snapdragon 8 Gen1 melalui ajang Snapdragon Tech Summit pada 30 November mendatang.

Beberapa hari menjelang acara peluncuran, bocoran skor benchmark AnTuTu dari calon chip Snapdragon teratas itu bocor di internet.

Bocoran berupa tangkapan layar tersebut dibagikan dalam sebuah posting yang diunggah oleh salah satu pengguna jejaring sosial Weibo bernama "Technology at 8 o'clock". Dalam gambar, skor benchmark Snapdragon 8 Gen1 terlihat menembus kisaran 1 juta poin.

Baca juga: MediaTek Sindir Qualcomm, Sebut Punya Masalah Panas

Angka itu konon merupakan skor tertinggi yang pernah diraih chip Qualcomm. Sebagai perbandingan, chip terkencang Qualcomm saat ini, Snapdragon 888 Plus, hanya menghasilkan skor AnTuTu di kisaran 850.000 poin.

Tidak diketahui secara pasti perangkat apa yang digunakan untuk menjalankan tes AnTuTu ini. Selain Snapdragon 8 Gen1, sebelumnya terdapat chip yang sudah mencatat skor lebih dari 1 juta pada hasil pengujian benchmark AnTuTu, yakni Dimensity 9000 dari MediaTek.

Skor benchmark AnTuTu Snapdragon 8 Gen1 yang diunggah oleh pengguna Weibo bernama Technology at 8 o'clock.Weibo/Technology at 8 o'clock Skor benchmark AnTuTu Snapdragon 8 Gen1 yang diunggah oleh pengguna Weibo bernama Technology at 8 o'clock.

Di awal bulan ini, beredar skor AnTuTu dari chip Dimensity 9000 yang angkanya juga berada di kisaran 1 juta poin.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Sabtu (27/11/2021), Snapdragon 8 Gen1 sendiri kabarnya akan baru akan diumumkan pada penghujung November atau awal Desember 2021.

Konon, chip ini akan hadir perdana lewat empat ponsel Android yang terdiri dari Xiaomi 12, Moto Edge 30 Ultra, OnePlus 10 Pro, dan satu ponsel terbaru dari iQOO.

Snapdragon 8 Gen1 bakal menjadi salah satu chip pertama Qualcomm dengan sistem penamaan baru yang tak lagi akan menggunakan tiga digit angka.

Baca juga: Qualcomm Ganti Nama Chip Snapdragon Jadi Lebih Simpel

Sebagai gantinya, nama baru chip Snapdragon akan lebih sederhana, yakni terdiri dari satu digit angka di depan yang diikuti nomor generasi.

Maka, calon chip teratas Qualcomm ini pun bukan bernama "Snapdragon 898" seperti yang banyak disebutkan di rumor sebelumnya, melainkan "Snapdragon 8 Gen 1".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.