Pemutar Musik Windows Media Player Akhirnya Dapat Update

Kompas.com - 29/11/2021, 17:03 WIB
Tampilan Media Player, aplikasi pemutar musik/video baru di Windows 11. Windows BlogsTampilan Media Player, aplikasi pemutar musik/video baru di Windows 11.

KOMPAS.com - Selama ini, Microsoft menyediakan dua aplikasi pemutar musik dan video bawaan di laptop berbasis Windows, yakni Windows Media Player (WMP) dan Groove Music. Namun, di Windows 11, dua aplikasi itu bakal digabungkan dalam satu Media Player.

Media Player merupakan pemutar musik versi terbaru dari Windows Media Player.

Senior Program Manager Lead Windows Inbox Apps Dave Grochocki, mengatakan bahwa aplikasi itu sudah diluncurkan khusus untuk peserta program Windows Insider Program di kanal Dev Channel untuk keperluan pengujian dan guna mendapat feedback.

"Kami merancang Media Player baru untuk membuat pengalaman mendengarkan dan menonton konten multimedia Anda lebih menyenangkan di Windows 11," kata Grochocki dalam sebuah unggahan di laman resmi Windows Blog.

Dalam gambar yang disertakan, terlihat bahwa Media Player mengusung desain antarmuka baru yang lebih modern dan segar dibandingkan pendahulunya, Windows Media Player.

Baca juga: Menu Klik Kanan Windows Diperbarui Setelah 20 Tahun, Begini Tampilannya

Penyegaran terlihat dari logo Media Player yang kini menggunakan logo "play button" saja tanpa kotak seperti di logo Windows Media Player.

Perbandingan tampilan antarmuka aplikasi pemutar musik Windows Media Player yang lama (kiri) dengan aplikasi pemutar musik baru Media Player (kanan).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Perbandingan tampilan antarmuka aplikasi pemutar musik Windows Media Player yang lama (kiri) dengan aplikasi pemutar musik baru Media Player (kanan).
Lalu, pengaturan fitur Media Player juga lebih modern dan bersih. Sebenarnya, desain baru Media Player ini mirip dengan desain Groove Music yang sudah ada.

Namun, desain Media Player yang baru ini membuat aplikasi pemutar musik ini tampak lebih menyatu dengan antarmuka baru Windows 11.

Menurut Grochocki, Media Player bakal menjadi pemutar musik/video dengan fitur lengkap dan memungkinkan pengguna untuk mencari, memutar musik/video yang ada di laptop pengguna dengan cepat. Lalu, pengguna juga bisa langsung membuat dan mengelola daftar putar (playlist).

Ketika memutar lagu, sampul album dan gambar artis akan muncul di layar penuh dan pemutar mini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.