Kompas.com - 01/12/2021, 20:05 WIB
Ilustrasi Nearby Share. GoogleIlustrasi Nearby Share.
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Berbagi file dari smartphone kini lebih mudah daripada sebelumnya. Hal tersebut tentu saja dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kecepatan internet yang jauh lebih cepat dan aplikasi berbagi file yang lebih beragam.  

Hal ini membuat pengguna smartphone, khususnya Android, relatif lebih mudah untuk memindahkan atau berbagi file dengan ukuran besar dari satu orang ke orang lain.

Bahkan Android memiliki fitur Nearby Share yang berguna untuk berbagi file hanya dengan berada di sebelah orang yang ingin pengguna ajak berbagi.

Nah, untuk memudahkan berbagi file dari ponsel Android, ada beberapa aplikasi lain yang bisa digunakan secara cuma-cuma alias gratis. Berikut ini adalah lima aplikasi berbagi file gratisan untuk ponsel Android, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Cara Transfer Foto dari iPhone dan Android ke PC Pakai WiFi

E-mail

E-mail merupakan salah satu aplikasi yang paling populer untuk berbagi file. E-mail bisa digunakan secara cuma-cuma dan berguna untuk membagikan berbagai file seperti dokumen, foto, video kecil, dan lain sebagainya.

Namun, sebagian besar layanan e-mail memiliki batasan ukuran file yang dapat diunggah sehingga pengguna tidak dapat mentransfer file yang memiliki ukuran terlalu besar.

Kendati demikian, e-mail, masih menjadi aplikasi paling nyaman dan populer digunakan banyak orang untuk mengirim dan menerima file atau dokumen.

Ada banyak domain e-mail yang bisa digunakan. Setiap e-mail memiliki serangkaian fiturnya sendiri-sendiri namun pada dasarnya fitur lampiran memiliki fungsi yang sama. Tapi, saat ini Gmail merupakan e-mail yang paling banyak digunakan.

Cloud Storage

Cloud storage atau penyimpanan awan juga merupakan salah satu cara paling populer untuk berbagi file. Penyimpanan awan juga bisa digunakan secara cuma-cuma. Namun, jika ingin menambah kapasitas penyimpanan, biasanya pengguna dikenai biaya tertentu.

Tak seperti e-mail, penyimpanan cloud biasanya memiliki batasan ukuran file, selama pengguna memiliki ruang yang cukup di penyimpanan tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.