Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Kembalikan Fitur yang Sempat Hilang

Kompas.com - 02/12/2021, 18:05 WIB
CA,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Sama seperti Instagram, TikTok, juga memiliki fitur tanya jawab atau Q&A di platformnya. Fitur tersebut dirilis pada Maret lalu untuk kreator yang gemar melakukan sesi live streaming.

Fitur itu menghilang secara misterius beberapa waktu setelah diluncurkan. Namun kini, TikTok mengembalikan fitur yang sempat hiang tersebut.

Hal tersebut diketahui oleh konsultan media sosial, Matt Navara. Ia pun membagikan informasi kembalinya fitur QnA TikTok melalui akun Twitter miliknya. Navara mengatakan, fitur QnA TikTok kini juga memiliki pengaturan baru.

Dari gambar yang dilampirkan Navara, fitur tanya jawab versi baru ini hadir dengan pilihan yang memungkinkan pengguna dapat mengundang pengguna lain untuk menjawab pertanyaan.

Pengguna TikTok juga dapat membatasi tanya jawab untuk pengikut, teman yang mengikuti kamu kembali, atau tidak ada siapa pun.

Baca juga: Daftar 46 Emoji Rahasia di TikTok dan Cara Menggunakannya

"TikTok telah meluncurkan kembali fitur tanya jawab dengan fitur-fitur baru. Anda sekarang dapat mengundang orang lain untuk menjawab pertanyaan Anda," tulis Navara.

Selain itu, TikTok juga tengah mengembangkan fitur lain bernama "Ask on TikTok", sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5mac, Kamis (2/12/2021). 

Fitur ini terlihat mirip dengan stiker tanya jawab yang dimiliki Instagram. Namun, tidak dijelaskan lebih rinci seperti apa nantinya bentuk dari fitur "Ask on TikTok" tersebut.

Sebagai informasi, fitur tanya jawab di TikTok ini dirilis pertama kali pada Maret lalu.

Kolom Q&A terletak di bagian opsi "Comment". Pengguna cukup mengklik ikon berbentuk "Chat Box" kemudian pilih opsi "Ask a Question". Di sana Anda bisa mengirimkan pertanyaan yang nantinya akan dilihat oleh kreator konten tersebut.

Baca juga: TikTok Diprediksi Mendominasi Media Sosial pada 2022

Fungsi dan kegunaannya fitur ini mirip seperti "Question Box" yang ada di Instagram Stories. Selain lewat live streaming, penonton juga dapat mengirimkan pertanyaan di kolom komentar unggahan video.

Fitur ini dirancang untuk membantu pembuat konten menjawab pertanyaan dari penggemar di platform. Ini adalah salah satu cara TikTok untuk meningkatkan interaksi para kreator konten dengan audiens.

TikTok sendiri kini menjadi salah satu platform media sosial dengan pertumbuhan yang cepat. TikTok menjadi platform media sosial yang saat ini digandrungi oleh banyak kalangan.

Fitur yang ditawarkan memungkinkan pengguna dapat membuat video singkat dengan musik, filter dan beberapa animasi lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com