Kompas.com - 07/12/2021, 15:54 WIB
ilustrasi Samsung reuters.comilustrasi Samsung

KOMPAS.com - Samsung pekan ini resmi menggabungkan unit bisnis mobile (ponsel/HP) dengan unit bisnis consumer electronics (termasuk TV), yang bernama SET Division. Samsung juga mengumumkan CEO baru perusahaan yang memimpin divisi baru ini.

Hal ini diumumkan pihak Samsung dalam sebuah pengumuman yang di blog Samsung Newsroom. Menurut Samsung, penggabungan unit ini bertujuan untuk memperkuat bisnisnya di masa depan.  

Bersamaan dengan penggabungan ini, Samsung juga mengumumkan CEO baru yang bakal memimpin divisi yang mencakup bisnis smartphone, TV, dan consumer electronics tersebut. 

Baca juga: CEO Samsung Electronics Resmi Mengundurkan Diri

Ia adalah Jong-Hee (JH) Han dan ia bakal bertugas sebagai Vice Chairman dan CEO SET Division.

Selain bertanggung jawab untuk unit bisnis gabungan tersebut, JH Han juga akan tetap menjabat sebagai pemimpin bisnis Samsung Display.

Menurut Samsung, JH Han dinilai cocok untuk memimpin SET Division, karena ia merupakan sosok penting yang memimpin bisnis TV Samsung selama 15 tahun terakhir. Berkat kepemimpinannya, posisi Samsung di pasar TV global diklaim berada di posisi teratas.

Terlepas dari SET Division, Samsung juga mengumumkan sosok baru yang bakal memimpin unit bisnis Digital Solution (DS) yang meliputi berbagai produk semikonduktor seperti chipset, memori, dan lain sebagainya.

Ia adalah Kyehyun Kyung, sosok yang selama ini menjabat sebagai CEO Samsung divisi Electro-Mechanics.

Sebelumnya, Kyung juga sempat bertanggung jawab atas bisnis memori seperti Head of Flash Product dan Technology, serta bagian dari tim yang merancang desain DRAM. 

Baca juga: Smart TV Samsung Kini Bisa Diperintah dengan Bahasa Indonesia

Di samping JH Han dan Kyung, Samsung juga mengumumkan sejumlah perubahan pimpinan di struktur perusahaannya. 

Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SamsungNewsroom, Selasa (7/12/2021).

  • Yongin Park - President and Head of System LSI Business (sebelumnya Executive Vice President and Head of System LSI Sales & Marketing)
  • Hark Kyu Park - President and Chief Financial Officer (sebelumnya President and Head of the Corporate Management Office, DS Division)
  • Kinam Kim - Chairman of Samsung Advanced Institute of Technology (sebelumnya Vice Chairman and head of the DS Division)
  • KS Choi - President and Head of North America Office for SET Division (sebelumnya Executive Vice President and Head of North America Office)
  • Inyup Kang - President and Head of North America Office for DS Division (sebelumnya President and Head of System LSI Business)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.