10 Topik Paling Banyak "Di-googling" Tahun 2021, Ada PeduliLindungi hingga BTS Meal

Kompas.com - 08/12/2021, 14:44 WIB
Ilustrasi Google Year in Search 2021. KOMPAS.com/BILL CLINTENIlustrasi Google Year in Search 2021.

KOMPAS.com - Google memiliki tradisi mengumumkan topik atau kata kunci apa saja yang ramai dicari pengguna di situs web Google.com sepanjang tahun.

Tradisi ini biasa dijuluki "Year in Search" dan dibuat Google berdasarkan tren yang muncul sepanjang tahun di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Untuk tahun 2021 ini, Communication Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan mengatakan bahwa masyarakat Indonesia mulai mencari jalan untuk menghadapi situasi pandemi, serta mulai beradaptasi dan bangkit dari masa-masa sulit.

Baca juga: Dari Corona hingga Odading, Ini yang Di-googling Orang Indonesia Sepanjang 2020

Hal ini, menurut Feliciana, berbeda dengan tahun lalu. Kala itu, warga Tanah Air masih mencari beragam topik terkait bagaimana menghadapi tantangan yang ditimbulkan dari Covid-19.

"Pada tahun 2021, kami melihat bahwa masyarakat Indonesia mencari jalan menuju pemulihan. Tidak hanya menunjukkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi, tapi masyarakat Indonesia juga bersemangat untuk bertumbuh lebih tangguh," ujar Feliciana dalam sebuah konferensi pers virtual, Rabu (8/12/2021).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Year in Search 2021 menghadirkan sembilan kategori daftar pencarian yang paling populer di Indonesia.

Baca juga: 9 Topik yang Banyak Dicari Netizen Indonesia di Google Search 2021

Meski demikian, kategori daftar pencarian yang cukup dinanti adalah 10 kata kunci (keyword) atau topik yang paling banyak dicari di Google dan menjadi tren sepanjang tahun, alias kategori "Overall Trending".

Daftar masih didominasi topik pandemi Covid-19

Ilustrasi pencarian topik di Google berdasarkan kata kunci PeduliLindungi.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ilustrasi pencarian topik di Google berdasarkan kata kunci PeduliLindungi.

Untuk tahun 2021 ini, daftar tersebut didominasi oleh topik-topik terkait pandemi dan Covid-19 seperti "Vaksin Covid-19", "Pencegahan Covid-19", "Peduli Lindungi", dan "PPKM Diperpanjang".

Meski pandemi sudah berlangsung sejak 2020 dan sudah menjadi hal yang paling banyak dicari pada saat itu, Feliciana mengatakan bahwa pandemi Covid-19 sendiri ternyata masih relevan untuk saat ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.