Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Topik Paling Banyak "Di-googling" Tahun 2021, Ada PeduliLindungi hingga BTS Meal

Kompas.com - 08/12/2021, 14:44 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google memiliki tradisi mengumumkan topik atau kata kunci apa saja yang ramai dicari pengguna di situs web Google.com sepanjang tahun.

Tradisi ini biasa dijuluki "Year in Search" dan dibuat Google berdasarkan tren yang muncul sepanjang tahun di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Untuk tahun 2021 ini, Communication Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan mengatakan bahwa masyarakat Indonesia mulai mencari jalan untuk menghadapi situasi pandemi, serta mulai beradaptasi dan bangkit dari masa-masa sulit.

Baca juga: Dari Corona hingga Odading, Ini yang Di-googling Orang Indonesia Sepanjang 2020

Hal ini, menurut Feliciana, berbeda dengan tahun lalu. Kala itu, warga Tanah Air masih mencari beragam topik terkait bagaimana menghadapi tantangan yang ditimbulkan dari Covid-19.

"Pada tahun 2021, kami melihat bahwa masyarakat Indonesia mencari jalan menuju pemulihan. Tidak hanya menunjukkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi, tapi masyarakat Indonesia juga bersemangat untuk bertumbuh lebih tangguh," ujar Feliciana dalam sebuah konferensi pers virtual, Rabu (8/12/2021).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Year in Search 2021 menghadirkan sembilan kategori daftar pencarian yang paling populer di Indonesia.

Baca juga: 9 Topik yang Banyak Dicari Netizen Indonesia di Google Search 2021

Meski demikian, kategori daftar pencarian yang cukup dinanti adalah 10 kata kunci (keyword) atau topik yang paling banyak dicari di Google dan menjadi tren sepanjang tahun, alias kategori "Overall Trending".

Daftar masih didominasi topik pandemi Covid-19

Ilustrasi pencarian topik di Google berdasarkan kata kunci PeduliLindungi.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ilustrasi pencarian topik di Google berdasarkan kata kunci PeduliLindungi.

Untuk tahun 2021 ini, daftar tersebut didominasi oleh topik-topik terkait pandemi dan Covid-19 seperti "Vaksin Covid-19", "Pencegahan Covid-19", "Peduli Lindungi", dan "PPKM Diperpanjang".

Meski pandemi sudah berlangsung sejak 2020 dan sudah menjadi hal yang paling banyak dicari pada saat itu, Feliciana mengatakan bahwa pandemi Covid-19 sendiri ternyata masih relevan untuk saat ini.

Kehadiran aplikasi PeduliLindungi, misalnya, mendorong masyarakat Indonesia untuk berbondong-bondong pergi ke mesin pencarian Google untuk sekadar mencari tahu seluk beluk aplikasi tersebut.

"Banyak masyarakat yang mencari tahu apa sebenarnya aplikasi PeduliLindungi, lalu bagaimana caranya mengunduh aplikasi tersebut, (cara) melihat sertifikat vaksin, dan beragam hal lainnya," ungkap Feliciana.

Hal lainnya yang banyak dicari pengguna Indonesia sepanjang 2021 adalah topik terkait dunia kerja seperti lowongan pekerjaan, berbagai bantuan dari BPSJ Ketenagakerjaan, dan lain sebagainya.

Tren ini sendiri diwakilkan oleh pencarian kata kunci seperti "Prakerja.go.id", dan "BPJS Ketenagakerjaan".

Baca juga: Nadiem Makarim hingga Joker Jadi Terpopuler di Google Sepanjang 2019

Ada pula topik terkait olahraga yang menjadi trending di pencarian Google Indonesia sepanjang tahun ini, seperti "Piala Euro" dan "Olimpiade Tokyo", serta menu terbaru dari restoran fast food McDonald's, "BTS Meal".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com