BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Jadi Tren di Masa Depan, Apa Saja Kemudahan yang Ditawarkan Smartphone Lipat?

Kompas.com - 28/12/2021, 16:32 WIB

KOMPAS.comSmartphone flagship lipat diprediksi bakal menjadi game changer dan primadona di pasaran. Pasalnya, perangkat ini memiliki desain elegan nan kompak dan didukung dengan teknologi serta fitur terbaru.

Smartphone lipat juga memiliki berbagai keunggulan ketimbang ponsel premium konvensional. Salah satunya, ukuran layar yang lebih besar.

Selayaknya flagship, smartphone lipat memiliki spesifikasi tinggi yang dapat menunjang mobilitas pengguna karena mudah dibawa-bawa berkat ukuran kompak.

Tak heran, smartphone foldable digadang-gadang dapat menjembatani fungsi ponsel dan tablet sekaligus.

Keunggulan tersebut juga terdapat pada smartphone layar lipat pertama milik Oppo, yakni Oppo Find N.

Sebagai informasi, smartphone yang diperkenalkan Oppo di ajang Oppo Inno Day 2021, Rabu (15/12/2021), ini memiliki ukuran bentang layar bagian dalam 7,1 inci dan layar luar imersif berukuran 5,49 inci.

Layar itu dapat memberikan ruang lebih luas bagi pengguna untuk berkreasi dan multitasking.

Smartphone yang dikembangkan selama empat tahun tersebut dibekali beragam inovasi terbaru dari Oppo, yakni hinge (engsel), display material, dan aspect ratio.

“Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi lebih banyak (lagi) kebutuhan bagi pengguna. Dengan Oppo Find N, kami ingin mengubah persepsi pengguna mengenai potensi smartphone lipat dan menjadikannya lebih mudah dijangkau oleh banyak masyarakat,” tutur Chief Product Officer Oppo Pete Lau saat peluncuran.

Lalu, apa saja inovasi, fitur, dan spesifikasi dari smartphone flagship layar lipat milik Oppo yang dapat menunjang produktivitas dan kreativitas pengguna? Simak ulasan berikut.

1. Layar imersif

Smartphone flagship layar lipat Oppo Find N sudah dibekali teknologi layar canggih. Ponsel pintar ini menghadirkan tampilan layar lanskap yang besar dan imersif. Hal ini berkat layar Low-Temperature Polycrystalline Oxid (LTPO) yang sudah dibekali teknologi smart dynamic refresh rate.

Oppo Find N memiliki layar imersif. DOK. Oppo. Oppo Find N memiliki layar imersif.

Teknologi itu memungkinkan layar bagian dalam dapat menyesuaikan kecepatan refresh berdasarkan konten yang sedang dilihat oleh pengguna, mulai dari 1 hingga 120 Hertz (Hz).

Layar bagian dalam Oppo Find N semakin imersif dengan touch sampling rate hingga 1.000 Hz.

Saat ponsel dibuka, layar Oppo Find N memiliki aspect ratio 8,4:9 dan mengaktifkan mode lanskap secara otomatis. Mode ini cocok untuk berbagai aktivitas, seperti bekerja, menonton video, bermain game, serta membaca buku tanpa harus memutar (rotate) perangkat.

Sementara, saat dilipat, tampilan luar layar smartphone memiliki aspect ratio 18:9 selayaknya ponsel flagship konvensional. Oppo Find N pun bisa dioperasikan dengan satu tangan.

Oppo juga telah menyempurnakan kecerahan dan kalibrasi warna antara tampilan layar dalam dan luar. Hal ini bertujuan untuk memastikan pengguna mendapatkan pengalaman yang mulus secara konsisten.

Untuk diketahui, baik layar dalam maupun luar memiliki 10.240 tingkat kecerahan otomatis. Teknologi ini disematkan guna memastikan kenyamanan pengguna saat memakai perangkat di berbagai tingkat pencahayaan yang berbeda. Layar juga mampu mencapai tingkat kecerahan tertinggi hingga 1.000 nits.

2. Buka tiga aplikasi dalam satu layar

Oppo Find N juga dibekali fitur canggih untuk memaksimalkan aktivitas multitasking, yakni Split Screen. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka dua hingga tiga aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Pengguna juga bisa menyimpan pengaturan aplikasi yang sering digunakan dalam mode Split Screen secara mudah pada layar home screen. Dengan demikian, pengguna bisa langsung membuka aplikasi yang sering digunakan tanpa harus bolak-balik membukanya satu per satu.

Selain itu, smartphone foldable Oppo tersebut turut dibekali fitur hand gesture terbaru. Fitur ini membantu pengguna melakukan beberapa aktivitas secara bersamaan dengan lebih mudah.

Saat mengaktifkan fitur Split Screen, misalnya, pengguna cukup menyapu layar dari atas ke bawah menggunakan dua jari. Setelah itu, layar akan terpisah menjadi dua tampilan di kanan dan kiri.

Untuk mengecilkan tampilan window aplikasi, pengguna cukup mencubit (pinch out) layar dengan empat jari. Tampilan aplikasi pun seketika menjadi floating window.

Seperti diketahui, floating window memungkinkan aplikasi melayang di layar seperti pada komputer. Dengan demikian, pengguna dapat membalas pesan WhatsApp yang masuk saat bermain game atau menonton film.

Selain gestur tadi, pengguna juga dapat melakukan gerakan long press atau drag-and-drop ikon aplikasi untuk mengaktifkan fitur floating window.

Demi memudahkan dalam mengetik, tampilan keyboard Oppo Find N dapat diperbesar saat menggunakan layar dalam.

Pengguna dapat mengaktifkan fitur Split Keyboard sehingga dapat menggunakan dua jempol untuk mengetik dan meningkatkan produktivitas saat bekerja.

3. Fleksibilitas layar berkat Flexion Hinge dan FlexForm

Seperti telah disinggung sebelumnya, Oppo Find N dibekali inovasi terbaru, yakni engsel melengkung atau Flexion Hinge yang kuat. Inovasi ini membuat ponsel lipat bisa bertahan lama hingga 200.000 kali lipatan.

Engsel tersebut bergerak layaknya sendi manusia. Dengan demikian, ponsel bisa dilipat secara mulus saat dibuka ataupun dilipat.

Lebih kreatif dengan fitur Flexion Hinge dan FlexForm. DOK. Oppo. Lebih kreatif dengan fitur Flexion Hinge dan FlexForm.

Penggunaan teknologi Flexion Hinge juga memungkinkan garis lipatan di sisi tengah ponsel tersamarkan hingga 80 persen.

Flexion Hinge juga dapat menghilangkan celah antara layar saat dalam posisi dilipat. Hal ini dapat melindungi layar dalam dari goresan.

Selain itu, teknologi Flexion Hinge juga memungkinkan ponsel dapat ditekuk membentuk 50 hingga 120 derajat atau mode FlexForm.

Pada mode FlexForm, Oppo Find N dapat berfungsi layaknya tripod atau laptop mini karena bisa berdiri tegak. Mode ini akan memudahkan pengguna ketika berfoto atau mengikuti virtual meeting tanpa harus memegang perangkat. Pengguna tinggal melipat ponsel dengan derajat sesuai keinginan dan tak perlu mencari stand ponsel sebagai penyangganya.

Oppo pun telah menyesuaikan user interface Oppo Find N agar pengguna bisa tetap menggunakan berbagai fitur atau aplikasi saat dalam mode FlexForm, mulai dari catatan, aplikasi musik, hingga kamera.

4. Kamera berkelas

Layaknya smartphone flagship, Oppo Find N turut dibekali tiga kamera berkualitas tinggi untuk mengambil foto dan merekam video.

Kamera tersebut terdiri dari lensa Sony IMX 766 main sensor 50 megapiksel (MP), lensa ultra-wide 16 MP, serta lensa telefoto 13 MP. Terdapat pula dua kamera selfie sebesar 32 MP di layar dalam dan luar.

Kombinasi kecanggihan kamera Oppo Find N, mode FlexForm, serta software yang disesuaikan untuk smartphone lipat mampu menghadirkan pengalaman pengambilan gambar dan video yang lebih kreatif.

Mode FlexForm, misalnya, dapat membantu pengguna merekam video time-lapse 4K HD menjadi lebih mudah. Pengguna tak perlu menggenggam perangkat karena smartphone foldable tersebut dapat berdiri sendiri saat ditekuk pada sudut antara 50 hingga 120 derajat.

Saat perangkat ditekuk di bawah 60 derajat, layar akan memindahkan preview gambar ke tampilan bawah untuk memudahkan pengaturan pengambilan gambar.

Kemudian, Oppo Find N juga dilengkapi fitur user interface split-camera. Fitur ini memungkinkan pengguna memakai salah satu sisi layar dalam yang besar untuk mengambil foto. Sementara, satu sisi layar lainnya dapat digunakan untuk menampilkan, mengirimkan, serta menghapus foto yang dihasilkan.

Saat mengambil foto memakai kamera utama dengan perangkat terbuka, pengguna dapat menggunakan layar dalam ataupun luar untuk melihat preview foto yang diambil secara langsung.

Selain itu, kamera belakang Oppo Find N yang memiliki resolusi lebih tinggi ketimbang kamera depan juga dapat difungsikan untuk mengambil foto selfie dengan kualitas lebih tinggi.

Pengguna dapat menggunakan layar luar untuk melihat preview selfie sebelum memotret. Pengambilan foto selfie dapat dilakukan dengan fitur hand gesture sehingga pengguna tetap berada di dalam frame tanpa harus menekan tombol shutter kamera.

5. Desain ergonomis dan performa kelas premium

Oppo Find N memiliki desain lengkung 3D di kedua tepi perangkat. Lengkungan yang ramping menurunkan ketinggian modul kamera.

Pada bagian luar, Oppo membenamkan panel Gorilla Glass Victus dan pelat kamera keramik. Keduanya tersemat dengan desain elegan dan sentuhan akhir yang menawan. Hal ini membuat Oppo Find N nyaman digenggam dan tetap terlihat ramping saat terlipat.

Oppo Find N memiliki desain ergonomis dan spesifikasi mumpuni. DOK. Oppo. Oppo Find N memiliki desain ergonomis dan spesifikasi mumpuni.

Soal performa, Oppo Find N tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, smartphone ini dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 888 dan RAM LPDDR5 hingga 12 GB. Perpaduan ini membuat Oppo Find N mampu menjalankan mobile game ataupun aplikasi sedang sampai berat.

Oppo Find juga didukung dengan ruang penyimpanan data yang besar. Untuk hal ini, Oppo membenamkan universal flash storage (UFS) 3.1 berkapasitas 512 GB.

Untuk daya baterai, Oppo Find N dibekali baterai berkapasitas 4.500 miliampere-hour (mAh) yang membuat perangkat bisa bertahan sepanjang hari. Pengisian daya juga tidak membutuhkan waktu lama karena perangkat flagship ini telah dibekali fitur Supervooc Flash Charge 33 watt (W).

Dengan fitur tersebut, baterai Oppo Find N dapat terisi 55 persen dalam 30 menit. Sementara, untuk pengisian penuh, hanya membutuhkan waktu 70 menit.

Sebagai perangkat premium, Oppo Find N turut dilengkapi pengisian daya nirkabel Airvooc 15 W dan pengisian nirkabel terbalik 10 W.

Perangkat tersebut juga dibekali fitur pemindai sidik jari yang ditempatkan pada tombol daya serta sistem speaker ganda berteknologi Dolby Atmos untuk menghadirkan suara yang lebih hidup.

Pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Oppo Tony Chen mengatakan, kehadiran Oppo Find N dengan kelebihan-kelebihan tersebut merupakan komitmen Oppo dalam mengembangkan inovasi yang berfokus pada pengalaman pengguna.

“Hal tersebut juga merupakan bagian dari brand proposition baru Oppo, yakni ‘Inspiration Ahead’. Brand proposition ini mengusung semangat optimisme dalam menghadapi tantangan dan ketidakpastian,” tutur Tony.

Sebagai informasi, Oppo Find N terdiri dari tiga varian warna, yakni hitam, putih, ungu. Saat ini, Oppo Find N hanya tersedia di China sejak 23 Desember 2021 setelah dipresentasikan pada ajang Oppo Inno Day 2021.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.