Asus Luncurkan ROG Flow Z13, Tablet Gaming dengan GPU RTX 3050 Ti

Kompas.com - 05/01/2022, 13:31 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Dalam ajang Consumer Elecrronics Show (CES) 2022 yang tengah digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, Asus memperkenalkan perangkat gaming terbarunya. Bukan laptop dan ponsel, melainkan tablet bernama ROG Flow Z13.

Berbeda dengan tablet kebanyakan yang biasanya menjalankan sistem operasi (OS) Android, tablet gaming Asus ROG Flow Z13 menjalanan OS Windows.

Asus ROG Flow Z13 memiliki keistimewaan bisa dihubungkan dengan GPU eksternal seperti Nvidia GeForce RTX 3080 melalui port eGPU yang tersedia di perangkat.

Tablet gaming ini juga ditenagai dengan hardware kelas atas yang biasa ditemui di jajaran laptop gaming ROG.

Baca juga: Asus ROG Phone 5s dan ROG Phone 5s Pro Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Asus ROG Flow Z13 ditenagai dengan prosesor (CPU) generasi ke-12 (Alder Lake) dari Intel, yaitu Intel Core i9-12900H.

Prosesor tersebut dipadukan dengan pengolah grafis (GPU) Nvidia GeForce RTX 3050 Ti, serta dukungan RAM DDR5 dan media penyimpanan dengan slot PCIe 4.0. Tidak disebutkan berapa besar konfigurasi RAM dan penyimpanan yang tersedia.

Asus ROG Flow Z13 mengusung layar IPS berukuran 13,4 inci dengan aspect ratio 16:10, resolusi 4K dan refresh rate 60 Hz, atau Full HD dengan refresh rate 120 Hz.

Ilustrasi Asus ROG Flow Z13.Gizmochina Ilustrasi Asus ROG Flow Z13.
Layar Asus ROG Flow Z13 dilindungi dengan lapisan pelindung Gorilla Glass. Tablet ini juga dibekali dengan aksesori keyboard yang bisa dilepas (detachable) yang memiliki fitur RGB backlighting.

Layar perangkat tersebut juga mendukung fitur Dolby Vision, dan pena (stylus) berteknologi MPP 2.0. Warna yang ditampilkan layar juga diklaim ciamik lantaran tingkat akurasinya sudah mendapatkan sertifikat validasi dari Pantone.

Baca juga: Ponsel Gaming Asus ROG Phone 5 Ultimate Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Harganya?

Beralih ke aspek konektivitas, ROG Flow Z13 dibekali dengan satu buah konektor (port) Thunderbolt 4 yang mendukung fitur DisplayPort 1.4 dan pengisian daya cepat berteknologi PD charging hingga 100 watt.

Ada pula dua konektor USB tipe-C yang juga bisa digunakan untuk display port dan konektor pengisi daya.

Kemudian konektor lainnya di tablet gaming ini terdiri dari port USB-A 2.0, slot kartu microSD, HDMI 2.0 port, dan audio jack 3,5 mm.

Asus belum mengumbar harga dan ketersediaan tablet gaming ROG Flow Z13. Namun, tablet gaming tersebut diperkirakan bakal menyambangi pasar pada paruh pertama 2022 ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (5/1/2022).

Baca juga: Prosesor Intel Alder Lake Resmi Meluncur, Janjikan Performa Gaming Terbaik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.