Prosesor Intel Alder Lake Resmi Meluncur, Janjikan Performa Gaming Terbaik

Kompas.com - 28/10/2021, 11:05 WIB
Ilustrasi Intel Core generasi ke-12. The VergeIlustrasi Intel Core generasi ke-12.

KOMPAS.com - Intel resmi memperkenalkan prosesor Core generasi ke-12 yang diberi nama "Alder Lake". Peluncuran prosesor Intel Alder Lake dilakukan di ajang Intel Innovation pada Rabu (27/10/2021) malam.

Jajaran lengkap keluarga Intel Alder Lake mencakup 60 prosesor yang dirancang untuk mendukung lebih dari 500 model komputer desktop dari berbagai vendor.

Namun saat perkenalan awal, Intel baru meluncurkan enam prosesor desktop yang masuk dalam keluarga Alder Lake.

Baca juga: Intel Pamer Kemampuan Arc, GPU Pesaing GeForce dan Radeon

Dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (28/10/2021), enam varian prosesor Intel Alder Lake yang sudah unlock adalah sebagai berikut:

  • Intel Core i9-12900K
  • Intel Core i9-12900KF
  • Intel Core i7-12700K
  • Intel Core i7-12700KF
  • Intel Core i5-12600K
  • Intel Core i5-12600KF

Intel Executive Vice President dan General Manager Client Computing Group, Gregory Bryant mengatakan, prosesor Intel Core generasi ke-12 ini berbasis arsitektur performance hybrid terbaru dari Intel.

Prosesor Alder Lake ini menampilkan kombinasi dari Performance-cores (P-cores), CPU core berperforma paling tinggi yang pernah dirancang oleh Intel, dan Efficient-cores (E-cores) yang didesain untuk performa workload multi-thread yang memiliki skalabilitas tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Performance hybrid architecture dari prosesor 12th Intel Core adalah lompatan arsitektur yang bisa dihasilkan berkat co-engineering yang erat antara software dan hardware, sehingga menghasilkan performa yang jauh lebih unggul dibandingkan generasi-generasi sebelumnya," kata Bryant.

Di samping itu, enam prosesor Intel Alder Lake yang sudah diluncurkan ini adalah prosesor pertama yang dibangun menggunakan teknologi proses Intel 7.

Baca juga: Bos Intel Prediksi Kelangkaan Chip Berlangsung hingga 2023

Menurut Intel, teknologi tersebut mampu menghadirkan performa yang scalable, dari 9 hingga 125 watt, untuk mendukung berbagai segmen PC dari laptop yang tipis dan ringan, hingga jenis enthusiast desktop dengan performa tertinggi.

Dijanjikan sebagai prosesor gaming terbaik di dunia

Intel Core i9-12900K. The Verge/ Tom Warren Intel Core i9-12900K.
Dari enam prosesor Alder Lake yang sudah unlock, varian Core i9-12900K menjadi prosesor flagship Intel yang dijanjikan sebagai prosesor gaming terbaik di dunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.