Cara Menggabungkan File PDF di Mac Tanpa Aplikasi Tambahan

Kompas.com - 07/01/2022, 15:45 WIB
Sebagai akhir dari cara membalas email HRD untuk panggilan wawancara kerja, pastikan mengakhiri dengan kata penutup yang sesuai dan sopan. PEXELS/SHVETS PRODUCTIONSebagai akhir dari cara membalas email HRD untuk panggilan wawancara kerja, pastikan mengakhiri dengan kata penutup yang sesuai dan sopan.

KOMPAS.com - File dengan format PDF biasanya digunakan untuk mengarsipkan dokumen-dokumen yang bersifat penting, misalnya seperti surat kontrak kerja, surat keterangan lulus sekolah, dan sebagainya.

Dalam urusan tertentu, Anda biasanya akan diminta untuk menggabungkan beberapa dokumen tersebut ke dalam satu file PDF. Misalnya dalam urusan melamar pekerjaan, perusahaan mungkin akan meminta dokumen persyarat kerja untuk dijadikan satu file PDF.

Menggabungkan file PDF jadi satu bukan perkara mudah bagi yang belum terbiasa. Namun, bagi pengguna perangkat Apple, MacBook atau Mac, Anda bisa dengan mudah menggabungkan file PDF jadi satu tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Baca juga: 4 Cara Screenshoot di Macbook Tanpa Aplikasi

Anda dapat menggabungkan file PDF hanya dengan menggunakan aplikasi penampil PDF bawaan Mac, yakni Preview. Berikut cara menggabungkan file PDF jadi satu di Mac.

  1. Buka dokumen dengan format PDF yang ingin Anda gabungkan, biasanya secara default Mac akan membukanya dengan menggunakan Preview.
  2. Setelah terbuka, klik opsi “View” kemudian centang opsi “Thumbnails” untuk menunjukkan tampilan PDF dalam versi kecil yang bakal berada di sisi kiri dokumen
    Ilustrasi cara menggabungkan file pdf di macKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menggabungkan file pdf di mac
  3. Apabila sudah muncul tampilan dokumen versi kecil itu, selanjutnya klik opsi “Edit” kemudian pilih opsi “Insert”
    Ilustrasi cara menggabungkan file pdf di macKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menggabungkan file pdf di mac
  4. Setelah itu, klik opsi “Page from files” lalu bakal muncul jendela baru yang memuat folder di Mac Anda
  5. Pilih dokumen baru yang ingin Anda gabungkan dari folder tersebut, kemudian klik opsi “Open” pada jendela baru tersebut
  6. Selanjutnya, dokumen baru bakal tergabung dengan dokumen sebelumnya jadi satu file PDF
    Ilustrasi cara menggabungkan file pdf di macKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menggabungkan file pdf di mac
  7. Untuk menyimpannya, Anda dapat menekan kombinasi tombol “command” + “s”.

Selain cara di atas, Anda bisa juga menggabungkan file PDF dengan cepat. Caranya setelah Anda mengeklik opsi “Thumbnails” dalam menu “View” di Preview, seret atau drag dokumen yang ingin Anda gabungkan ke tampilan versi kecil yang berada di sisi kiri dokumen.

Dalam menjajal cara ini, KompasTekno menggunakan MacBook dengan sistem operasi macOS Catalina. MacBook dengan versi sistem operasi yang berbeda kemungkinan memiliki tahapan yang berbeda juga.

Baca juga: 4 Cara Mengubah PDF ke Word Tanpa Aplikasi Tambahan

Sayangnya fitur gabung file PDF seperti itu belum ditemukan pada laptop dengan sistem operasi Windows. Terpantau pada laptop Windows 10, cara menggabungkan file PDF masih harus menggunakan aplikasi tambahan, seperti Nitro Pro, Foxit Reader, dan sebagainya.

Selain menggunakan aplikasi tambahan, Anda juga bisa memakai layanan menggabungkan file PDF yang disediakan dalam beberapa situs, seperti ilovepdf.com, smallpdf.com, dan sebagainya.

Demikian cara menggabungkan file PDF di laptop atau komputer Mac, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.