3 Fitur Keamanan WhatsApp dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 11/01/2022, 13:45 WIB
Ilustrasi WhatsApp. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi WhatsApp.
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - WhatsApp memiliki sejumlah fitur untuk menjaga keamanan akun penggunanya. Fitur tersebut bisa diaktifkan dengan mudah melalui aplikasi.

Beberapa fitur keamanan WhatsApp di antaranya seperti verifikasi dua langkah, fitur sidik jari, dan fitur enkripsi end-to-end (ujung ke ujung). Untuk mengaktifkan fitur keamanan WhatsApp ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Berikut ini adalah tiga fitur keamanan WhatsApp dan cara mengaktifkannya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Daily Star, Selasa (11/1/2022).

1. Verifikasi dua langkah

Fitur keamanan verifikasi dua langkah adalah fitur yang memberikan keamanan tambahan untuk akun WhatsApp. Fitur ini memanfaatkan nomor pin sebagai keamanan tambahan.

Baca juga: Jangan Asal Pakai WhatsApp Aero, Ini Risikonya

Untuk mengaktifkan fitur ini pengguna wajib memasukkan alamat e-mail. Nantinya alamat e-mail tersebut akan berguna untuk menyetel ulang PIN saat Anda lupa.

Untuk mengaktifkannya cukup mudah berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka WhatsApp Anda
  • Klik “Settings”
  • Pilih Account > Two-step-verificarion > Enable
  • Masukkan enam digit PIN yang Anda inginkan
  • Berikan alamat e-mail yang dapat Anda akses untuk membantu melindungi akun Anda
  • Pilih “Next”
  • Konfirmasikan alamat e-mail lalu pilih “Save” atau “Done”

2. Sidik jari

Fitur keamanan sidik jari merupakan fitur yang dapat diaktifkan oleh pengguna untuk mengamankan akun WhatsAppnya. Fitur ini akan meminta kunci sidik jari pemilik akun WhatsApp saat akan mengakses aplikasi.

Cara mengaktifkan fitur keamanan sidik jari adalah

  • Buka WhatsApp Anda
  • Klik “Settings”
  • Pilih “Account”
  • Pilih “Privacy”
  • Scroll ke bawah dan klik “Fingerprint Lock”
  • Kemudian geser toggle ke arah kanan untuk mengaktifkan
  • Anda akan diminta untuk memindai sidik jari Anda

Perlu diketahui bagi pengguna bahwa kunci sidik jari hanya tersedia untuk perangkat Android dengan sensor sidik jari yang menjalankan Android minimal versi 6.0.

Enkripsi end-to-end

Fitur keamanan end-to-end encryption atau enkripsi dari ujung ke ujung merupakan fitur keamanan yang secara default telah terpasang di akun WhatsApp pengguna. Sistem enkripsi ini berlaku untuk perpesanan teks, audio, video call, dan WhatsApp Web.

Baca juga: Begini Cara Menandai Pesan Penting di WhatsApp Agar Mudah Dicari

Sistem keamanan ini menjamin pengguna WhatsApp bahwa pesan yang terkirim antara dua pihak tidak diretas alias tidak ada orang lain di antara komunikasi yang dilakukan oleh pengguna.

Sehingga WhatsApp menjamin bahwa pesan yang tersampaikan kedua pengguna akan aman.

Itulah beberapa fitur keamanan WhatsApp dan cara menggunakannya yang dapat Anda manfaatkan untuk tetap aman dan nyaman dalam berkomunikasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.