Kompas.com - 13/01/2022, 14:31 WIB

KOMPAS.com - Pengguna media sosial seperti Instagram dan Twitter kerap menyematkan link atau tautan di biografi akunnya. Link tersebut jika diklik, akan mengarahkan ke halaman website tertentu yang telah ditentukan.

Model penggunaan link di bio seperti itu umum dipakai oleh akun-akun bisnis, dan biasanya mengandalkan layanan dari Linktree.

Linktree merupakan layanan landing page yang memberikan beberapa tautan ke website, blog pengguna, atau apa pun link URL yang ingin disematkan oleh pengguna, bahkan link untuk memulai percakapan WhatsApp.

Baca juga: Cara Bikin Link WA dan Website di Bio Instagram dengan Linktree

Layanan Linktree dapat diakses secara gratis maupun berbayar dan memiliki berbagai template yang dapat dipilih pengguna sesuai selera.

Untuk pengguna Linktree gratis, mereka hanya dapat melihat berapa banyak pengguna yang meng-klik Linktree buatannya.

Untuk pengguna Linktree pro atau berbayar, pengguna dapat mengakses template lebih banyak, dan dapat menggunakan fitur analitik clicks dan views, sehingga dapat melihat secara detail trafik pengunjung.

Baca juga: Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor

Lantas bagaimana cara membuat Linktree yang biasa disematkan di bio Instagram? Berikut ini KompasTekno merangkum beberapa langkahnya.

Cara membuat Linktree

Apa itu Linktree dan cara membuatnyaLinktree Apa itu Linktree dan cara membuatnya

  • Buka laman https://linktr.ee/ 
  • Pilih “Get Started for Free
  • Kemudian isi e-mail, password, dan username, kemudian ikuti petunjuknya hingga selesai
  • Pilih menu “Appearance” untuk memilih template, mengisi deskripsi bio, dan judul yang Anda inginkan
  • Pilih “Pick an Image” untuk memilih foto profil Linktree
  • Setelah itu pilih menu “Links” untuk menambahkan link- link yang ingin Anda sematkan
  • Kemudian klik “Share” di pojok kanan atas untuk mulai bagikan Linktree

Untuk menambahkannya di bio Instagram, masuk dan log in ke akun Instagram Anda > klik “Edit Profil” > lihat bagian website dan salin Linktree yang telah Anda copy sebelumnya.

Baca juga: 2 Cara Bikin Link WhatsApp agar Bisa Kirim Chat Tanpa Simpan Nomor

Manfaat Linktree sendiri adalah pengguna lebih praktis dalam menyematkan berbagai link website pribadi, sehingga memungkinkan untuk dijangkau audiens lebih luas lewat media sosial.

Untuk pelaku usaha pun Linktree sangat bermanfaat untuk menempatkan link website, alamat toko hingga e-commerce mereka, sehingga pelanggan dapat lebih mudah menjangkau bisnis mereka melalui Linktree.

Itulah penjelasan mengenai apa itu Linktree dan cara membuatnya. Semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.